Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy, Lengkap Dengan Info Biaya Dan Kalkulasi Waktu

jalur pendakian gunung ciremai via apuy, lengkap dengan estimasi biaya dan kalkulasi waktu


Memiliki panorama alam yang sangat indah, kerimbuanan hutan yang mampu membuat hati terkagum, fakta bahwa Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat dan banyaknya mitos yang menambah rasa penasaran, adalah serangkaian daya magnet yang begitu kuat, daya magnet yang membuat Gunung Ciremai tidak pernah terlihat sepi dari para pendaki gunung.



Bagaimana, apakah kamu termasuk pendaki yang terkena serangkaian daya magnet di atas?, atau kamu memang hendak mendaki Gunung Ciremai dan membutuhkan info jalur pendakian di Gunung Ciremai?. Jangan khawatir, karena artikel yang sedang kamu baca ini akan memberitahumu tentang,


Jalur Pendakian Gunung Ciremai


Pada dasarnya, Gunung Ciremai memiliki tiga jalur pendakian resmi, yakni,

-> Jalur Apuy di Majalengka
-> Jalur Palutungan di Kuningan dan
-> Jalur Linggar Jati di Kuningan

Namun, pada artikel ini, kita akan membahas khusus jalur pendakian lewat jalur Apuy secara rinci, pembahasannya, sudah saya siapkan di bawah sini.




Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy


Basecamp Apuy terletak di Dusun Apuy Desa Argamukti Kec. Argapura Kab. Majalengka, Jawa Barat. Bisa dibilang bahwa jalur Apuy adalah jalur yang paling disayangi oleh para pendaki. Pasalnya, track yang harus kamu hadapi di jalur Apuy dikenal sebagai track yang paling ramah dibanding dengan track-track yang tersedia di dua jalur lainnya. Jadi, buat kamu yang doyan gemetaran kaki ketika mendaki, jalur Apuy lah pilihan yang paling syahdu.

Karena terminal Maja adalah terminal paling dekat dengan Basecamp Apuy, maka petualangan ini, kita mulai dari terminal Maja yang berdekatan dengan pasar Maja.

Terminal Maja / Pasar Maja >> Basecamp Apuy

Setidaknya, dari terminal Maja, ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk sampai ke Basecamp Apuy, dua opsi tersebut adalah naik ojeg dengan harga Rp 50.000 atau menyewa pick-up dengan biaya Rp 25.000 per orang. Sedikit saran, untuk menghemat biaya, naik pick-up adalah pilihan terbaik.

Perjalanan menuju Basecamp Apuy akan membawamu kepada pemandangan yang begitu indah, hamparan kota Majalengka yang merona, bentangan lahan pertanian warga sekitar yang berkabut tipis dan diselingi oleh susunan rumah warga yang membentuk perkampungan kecil nan menenangkan hati. Terlalu sayang untuk dilewatkan, jangan pernah menyimpan kameramu ketika berada di atas mobil Pick-up.

Memasuki penghujung perjalanan, kamu akan menyebrangi lorong perkampungan menanjak dan padat, jalanan yang sangat menguji kemampuan sang supir pick-up dalam menyetir. lama perjalanan menuju Basecamp Apuy adalah sekitar 1 jam.

Sampai di basecamp Apuy, kamu wajib mendaftarkan diri dan membeli tiket masuk dengan harga Rp 50.000, cukup mahal memang, namun dengan membayar harga mahal tersebut, kamu akan mendapatkan pelayanan terbaik dari para ranger dan mendapatkan jatah makan siang gratis, berupa nasi putih beserta telur bulat dan sekantung teh manis hangat.

Tapi, pada tanggal 14 November 2016, teman saya mendaki Gunung Ciremai, dia bercerita bahwa dia tidak mendapatkan jatah makan siang tersebut. Gantinya, dia mendapatkan piagam penghargaan berupa sertifikat karena telah berpartisipasi dalam kegiatan mendaki Ciremai. Pertanyaannya adalah, apakah peraturannya berubah?. Entahlah, saya harap seseorang bisa memberikan penjelasan di kolom komentar.

Basecamp Apuy >> Pos 1 (Pos Berod). Ketinggian 1.500 mdpl

Dari Basecamp Apuy, kamu memiliki dua pilihan untuk menuju pos 1, dua pilihan itu adalah berjalan kaki selama 95 menit sebagai pemanasan atau menyewa pick-up seharga Rp 100.000 per mobil. Pilihan berada di tangan kamu, lebih senang mengirit uang atau mengirit waktu dan tenaga.

Perjalanan menuju pos 1 akan dipandu oleh jalan beraspal yang sudah sedikit rusak dan memiliki lubang. Namun jalan aspal rusak itu akan membawamu kepada pemandangan yang akan sangat menghibur penglihatanmu, matamu akan disuguhi oleh pemandangan ladang warga yang hijau nan luas.

Apabila sudah sampai di pos 1, di sini kamu masih bisa menemukan bangunan mushala, serta beberapa warung yang menyediakan standar kebutuhan logistik. Warung-warung itu akan sangat membantumu ketika kamu lupa membawa salah-satu kebutuhan logistik.

Meski demikian, jangan menggantungkan nasibmu kepada warung-warung di sini, jangan sengaja menjadikan warung-warung di sini sebagai penyuplai utama kebutuhan logistik. Takutnya, saat kamu membutuhkan sesuatu, saat itu juga mereka sedang kehabisan stock.

Penting!. Pos 1 merupakan penyedia sumber air terakhir, sampai nanti, dalam perjalanan berikutnya, kamu tidak akan menemui sumber air lainnya. Jadi, saat berada di pos 1, isilah penuh setiap botol minuman yang kamu punya.

Pos 1 (Berod) >> Pos 2 (Blok Arban). Ketinggian 1.915 mdpl

Sesaat setelah melewati pos 1, kamu kudu mendaftar ulang kepada ranger, hal ini bertujuan untuk mencatat semua barang yang kamu bawa dan kamu akan menerima selembar Trash Bag untuk menampung semua sampah yang rombonganmu hasilkan.

Meskipun lebih sempit dari sebelumnya, jalan beraspal masih setia memandu perjalanan. Pemandangan masih terbuka lebar memperlihatkan hamparan hijau, track masih terasa landai dan angin sepoi-sepoi akan menghiburmu dengan memberikan sensasi segar pada tubuh, demikian adalah hal-hal yang akan kamu rasakan saat berjalan sekitar 60 menit menuju pos 2.

Tiba di pos 2. Kamu bisa melihat sebuah bangunan kecil yang beratapkan terpal, area tanah datar yang tidak terlalu luas, mungkin hanya mampu menampung tiga tenda dan pemandangan berupa hamparan rumput ilalang yang mampu membuat hati terasa greget. Sebagai info, area pos 2 belum memasuki area hutan.

Pos 2 (Arban) >> Pos 3 (Tegal Masawa). Ketinggian 2.400 mdpl

Selepas pos 2, perjuangan sesunggunya baru saja dimulai, track mulai menampakan wajah sadisnya, pemandangan berubah menjadi kerimbunan hutan, berupa pohon-pohon kecil yang sedang berbaris dan jalanan berupa tanah yang akan menjadi debu saat musim kemarau dan menjadi lumpur saat musim hujan. Sungguh jalanan yang mengesalkan.

Mendekati pos 3, track semakin membabi buta, beberapa tanjakan harus digeluti, jalan semakin sempit, kemiringan pun tidak mau kalah dalam hal menyiksa, dia meningkat menjadi 70 sampai 90 derajat. Sedikit tenang, kamu masih bisa tertawa kecil karena banyak akar pohon untuk berpegangan tangan.

Setelah bergelut sekuat tenaga selama sekitar 75 menit, kamu bisa sampai di pos 3 yang sangat sempit, mungkin hanya bisa menampung 2 tenda. Pemandangan didominasi oleh jajaran pohon-pohon pendek. Jangan lupa, sempatkanlah untuk beristirahat sejenak, pemandangan di pos 3 sangat layak untuk dinikmati sambil menyeruput segalas kopi hangat.

Sekilas info, nama pos Tegal Masawa (artinya kebun pohon-pohon pendek) diambil dari pemandangan sekitar pos 3 yang memang dipenuhi oleh pohon-pohon pendek yang berbaris.

Pos 3 (Tegal Masawa) >> Pos 4 (Tegal Jamuju). Ketinggian 2.600 mdpl

Beranjak dari istirahat di pos 3, sekarang saatnya kembali menguatkan tekad, track dari pos 3 menuju pos empat adalah track yang paling menyeramkan, mungkin sebanding dengan seramnya melihat gebetan memiliki pacar baru. Track sadis tiada ampun.

Beberapa tanjakan sadis siap menghalau pendakianmu, hanya pendaki yang mempunyai tekad kuatlah yang mampu bergelut dengan track-track itu.

Namun, inilah sebuah pendakian, dalam perasaan sedih menghadapi track dan tanjakan yang membuatmu merasa lemah, akan ada sebuah perasaan bahagia saat melihat pemandangan mengagumkan berupa pohon-pohon besar yang menjulang, pohon-pohon yang tidak bisa dipeluk oleh hanya sendirian dengan sela-sela pemandangan hamparan kota Majalengka yang aduhai. Pemandangan itu begitu romantis memasuki ruangan hati.

Mungkin, setelah satu jam bermandi keringat, kamu bisa sampai di pos 4, sebuah pos yang menyediakan area tanah datar yang cukup luas, mampu menampung 5 tenda, namun, karena puncak masih jauh, pos 4 bukanlah tempat ideal untuk mendirikan tenda dan bermalam.

Kilas info, Nama pos Tegal Jamuju (Artinya kebun pohon-pohon besar) diserap dari pemandangan di sekitar pos 4, yakni kegagahan pohon-pohon besar yang menjulang tinggi.

Pos 4 (Tegal Jamuju) >> Pos 5 (Sanghiang Rangkah). Ketinggian 2.800 mdpl


Karena track dari pos 3 menuju pos 4 adalah track paling sadis, jangan salah sangka dengan berfikir bahwa track dari pos 4 ke pos 5 akan mudah dilewati. Track menuju pos 5 dipenuhi dengan tanjakan-tanjakan panjang seakan tiada ujung, jarang sekali bonus. rasanya, membuat dengkul gemeteran.

Setelah sekitar satu setengah jam kamu berjalan (atau merangkak?) sambil menikmati pemandangan berupa kerimbunan pohon-pohon besar yang mengagumkan. Kamu akan sampai di pos 5.

Fakta yang mengatakan bahwa pos 5 adalah pos yang memiliki area tanah datar paling luas dan pos 5 tidak terlalu jauh dari puncak mampu menjadikan pos 5 sebagai pos terfavorit untuk mendirikan tenda, memasak, makan malam dan melakukan kegiatan paling mengasikan, yaitu tidur.

Sekilas info, nama pos Sanghiang Rangkah (artinya ada tapi tiada) diserap dari cerita legenda yang mengisahkan bahwa dahulu, di Sanghiang Rangkah, banyak orang-orang sakti yang bertapa. Namun orang-orang sakti itu tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, hanya orang-orang dengan ilmu tertentulah yang dapat melihat perwujudan orang-orang sakti yang sedang bertapa itu.

Pos 5 (Sangahiang Rangkah) >> Pos 6 (Goa Walet). Ketinggian 2.950 mdpl

Beberapa langkah dari pos 5, tanjakan masih belum puas menghadang, bahkan sedikit lebih menyeramkan, karena pemandangan mulai berubah, pohon-pohon besar mulai digantikan oleh jurang terbuka yang dihiasi oleh sedikit pohon-pohon kecil. Sungguh pemandangan horor.

Persimpangan Apuy - Palutungan

Sekitar 30 menit perjalanan dari pos 5, kamu menemui persimpangan antara jalur Apuy dan jalur Palutungan. Sebuah mitos mengatakan,

Setelah kamu melewati persimpangan Apuy - Palutungan, akan ada seekor Jalak Hitam yang akan menemani perjalananmu, biarkan dia terbang di sampingmu dan jangan ganggu hewan itu apabila kamu mau selamat sampai tujuan.

Bagaimana?, apakah kamu percaya dengan mitos tersebut?, percaya gak percaya, mitos tetaplah mistos, dia ada dalam ketiadaan.

Pos Goa Walet

Setelah berjalan sekitar dua jam perjalanan. Selamat!, kamu sudah sampai di sebuah pos yang berdekatan dengan sebuah goa bernama Goa Walet, sehingga pos tersebut dinamai dengan pos Goa Walet. Itulah pos 6.

Goa Walet sendiri adalah sebuah goa kecil yang menjadi rumah bagi ribuan burung Walet, memberikan suasana tenang yang menghadirkan sedikit nuansa mistik. Terlalu sayang dilewatkan, dimanapun kamu mendirikan tenda, sempatkanlah untuk menikmati ketenangan Goa Walet.

Pos 6 (Goa Walet) >> Puncak Gunung Ciremai. Ketinggian 3.073 mdpl

Dari pos 6, puncak sekitar 30 menit lagi perjalanan yang akan memacu adrenalin, pemandangan tidak berbeda jauh dengan sebelumnya, masih jurang yang dihiasi pohon-pohon kecil, bedanya, Bunga Edelweis hadir sebagai penghibur.  Tanjakan pun terasa lebih miring.

Saat bergelut dengan track menuju puncak Gunung Ciremai, sempatkanlah menoleh kebelakang untuk menyantap pemandangan hamparan kota Majalengka dan, jika cuaca sedang cerah, Waduk Darma di Kuningan pun menjadi menu utama dalam sajian ini.

Puncak Gunung Ciremai

Sebuah puncak selalu bisa membayar semua kelelahan perjalanan, berdiri di atas puncak Gunung Ciremai bisa menghapus setiap kegalauan saat bergelut melewati setiap track yang ada dari Basecamp Apuy menuju puncak.

Pemandangan di puncak sangatlah kece, selain kawah, Gunung Cikuray di Garut hingga Gunung Slamet di Jawa Tengah pun bisa kamu lihat saat kamu menginjak tanah paling tinggi di Jawa Barat ini.




Kontak Person Basecamp Apuy:

Iding Iskandar (085795067448)
Rian (085294631777)

Demikian adalah info jalur pendakian Gunung Ciremai Via Apuy. Setelah mengetahui secara rinci, kapan nih kamu mau menggelutinya?



Untuk mengetahui tips mendaki di Gunung Ciremai, sebaiknya kamu pun membaca 11 Tips mendaki aman supaya kamu bisa selalu pulang dengan selamat

Semoga bermanfaat dan salam lestari!.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.