5 Misteri Gunung Burangrang, Mengulas Kejadian Aneh di Dalamnya

misteri gunung burangrang

Gunung Burangrang merupakan gunung berapi yang mati (sudah tidak aktif), terletak di kota Bandung Utara, Jawa Barat, gunung ini adalah salah satu sisa-sisa kemegahan gunung Sunda Purba yang meletus dengan dahsyat pada zaman prasejarah. Banyak sekali orang-orang yang mengaitkan Burangrang dengan mitos-mitos dan kejadian-kejadian mistis. Terlebih, di sana kamu bisa menemukan banyak makam para tentara kerajaan Mataram yang melarikan diri dari serbuan penjajahan Belanda.



Oleh karenanya, kita tidak akan menemukan kata 'akhir' saat membahas tentang misteri-misteri yang tersimpan rapih di balik keindahan gunung Burangrang. Setidaknya, dalam tulisan kali ini, kamu akan mengetahui 5 misteri gunung Burangrang yang sangat mahsyur di kalangan masyarakat sekitar. Ulasannya sudah saya siapkan di bawah ini.


5 Misteri Gunung Burangrang, Mengulas Kejadian Aneh di Dalamnya

1. Sejarah Gunung Burangrang Menurut Cerita Legenda Sangkuriang



Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kisah legenda Sangkuriang dan kapal besar buatannya. Menurut cerita tersebut, Sangkuriang yang kecewa saat matahari terbit, menendang perahunya sampai terbalik dan membentuk gunung Tangkuban Perahu. Sedangkan, gunung Burangrang merupakan tumpukan kayu yang dibiarkan begitu saja dan akhirnya membentuk sebuah gunung.

2. Sejarah Terbentuknya Gunung Burangrang Menurut Para Ahli Sejarah

Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa gunung Burangrang termasuk dalam jajaran gunung-gunung yang terbentuk akibat letusan dahsyat gunung Sunda yang terjadi pada 3 juta tahun yang lalu, jaman prasejarah. Selain Burangrang, gunung-gunung yang terbentuk dari letusan itu adalah gunung Manglayang, bukit Tunggul dan gunung Tangkuban Perahu.

Bila fakta di atas benar, maka kita dapat mengira-ngira tentang kegagahan gunung Sunda di jaman dahulu. Bila sempat, saya akan mencoba menulis sisa-sisa sejarah gunung Sunda secara detail di waktu yang akan mendatang. Mohon do'anya bro!.

Baca juga: cerita mistis pendaki gunung Gede Pangrango

3. Misteri Keberadaan Curug Cijalu di Gunung Burangrang

Curug Cijalu merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan gunung Burangrang, letaknya sendiri berada pada ketinggian 1300 mdpl. Menurut penuturan penduduk sekitar, curug Cijalu, dulunya merupakan tempat bersemedinya orang-orang sakti dan masyarakat Tionghoa meyakini bahwa air terjun ini sering dijadikan tempat mendi oleh para bidadari.

Masih di area sekitar curug Cijalu, terdapat air terjun lainnya yang bernama curug Putri. Hal ini menjadi landasan atas pemberian nama untuk curug Cijalu. Masyarakat mengibaratkan bahwa curug Cijalu, yang memiliki makna laki-laki, dan curug Putri, yang memiliki makna perempuan, merupakan sepasang kekasih.

4. Mitos Terjatuhnya Setiap Pesawat yang Melintasi Gunung Burangrang

Ada sebuah mitos yang tumbuh di kalangan masyarakat, setiap pesawat yang terbang di atas makam-makam tentara Mataram, pesawat tersebut akan seketika terjatuh. Namun, ada mitos lanjutan yang lebih mengejutkan. Yakni, setiap dilakukan pencarian pesawat yang jatuh, keadaan langit pasti akan sama, yakni mendung dan hujan.

Menurut Jajang, masyarakat lereng gunung Burangrang yang sering ikut melakukan pencarian pesawat yang jatuh di kawasan gunung Burangrang.


Pada tahun 2001, waktu pencarian helikopter milik Departemen Kehutanan yang jatuh di sini, hujan lebat turun, awan mendung dan kabut tebal turun lebih cepat. Keadaan alam seperti itu terulang ketika terjatuhnya pesawat Cessna 172 milik Nusa Flying International (NFI).

Ketika ada pesawat jatuh, keadaan alam dan langit selalu seperti ini (hujan dan mendung) setiap hari. Begitupun pada tahun 1986. Para pencari harus keluar masuk hutan dan naik turun gunung dengan berhujan-hujanan dan menggigil kedinginan. Tambah Deden, penduduk kampung Gunung Bhakti

5. Beberapa Misteri Lainnya di Kawasan Gunung Burangrang



  • Dataran tinggi di kawasan gunung Burangrang sudah dihuni manusia sejak ribuan tahun yang lalu, sebagaian ahli sejarah percaya sejak jaman batu
  • Gunung Burangrang memiliki tanjakan Cinta, sebagaimana gunung Semeru
  • Banyaknya kejadian aneh di gunung Burangrang yang dialami pendaki atau masyarakat sekitar
  • Tentang Curug Pocong Burangrang?
  • Rawa Kunti gunung Burangrang?

Baca juga: 6 misteri gunung Guntur, Garut

Demikian merupakan ulasan tentang 5 misteri gunung Burangrang yang bisa saya sajikan kepada kamu. Semoga bermanfaat dan kita dapat mengambil hikmah dari ulasan kita ini. Amin!.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.