Kapal Kato Kesultanan Siak

 - Kapal Kato Kesultanan Siak merupakan sebuah kapal besi dengan bahan bakar batu bara yang dimiliki oleh Sultan Siak.

Kapal ini selalu dinaikinya pada saat-saat berkunjung ke daerah-daerah kekuasaannya, atau saat Sultan Siak melakukan kunjungan kerja ke daerah bawahannya, atau pun juga sekedar untuk berpesiar.

Kapal Kato ini berukuran panjang 12 m dengan berat 15 ton. Monumen Kapal Kato ini terletak di pinggir Sungai Siak merupakan sosok monumen bersejarah yang dapat dikenang untuk generasi mendatang.

Mulanya kapal ini diletakkan di samping Pentas Siak Bermadah dan lalu kemudian saat ini dipindahkan ke Kompleks Istana Siak sejak tahun 2009.
kapal kato kesultanan siak
Kapal Kato Kesultanan Siak

Pemindahan ini melalui ijin Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar yang berada di Batusangkar - Sumatera Barat, karena wilayah Riau masih berada dalam kelolaan BP3 Batusangkar.

Setelah dipindahkan ke tempat yang baru, Kapal Kato ini lebih terawat dan indah. Didampingi dengan 2 buah pohon manggis yang rimbun semakin menambah suasana indah dan tenteram. Kapal ini mirip dengan kapal jenis "tugboat" jaman sekarang yang selalu berseliweran melayari Sungai Siak.

Demikian sekiranya informasi yang dapat saya bagi kiranya berguna bagi kita semua, semoga tetap terjaga lestari sebagai warisan leluhur.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.