15 Gunung Tertinggi di Benua Afrika, Megah dan Unik

kilimanjaro

Afrika, dengan luas keseluruhan 30.224.050 km2, yaitu 20,3% dari keseluruhan daratan bumi, benua ini menempati urutan ke-3 dalam jajaran benua terluas di dunia, setelah Asia di urutan pertama dan Amerika di urutan ke-2. Serta memiliki penduduk terbanyak ke-2, setelah Asia.

Daratannya didominasi oleh gurun pasir dan tanah hijau di sepanjang pinggiran garis katulistiwa. Benua ini juga diisi oleh barisan gunung-gunung yang menjulang tinggi. Sehingga, Afrika menjadi salah satu tujuan favorit bagi para pendaki gunung di seluruh dunia. Membuat pembahasan tentang gunung-gunung di Afrika selalu saja menarik untuk diperbincangkan.

Oleh karena itu, dalam tulisan ini, kamu akan mengetahui barisan gunung-gunung tertinggi yang ada di Afrika. Berikut di bawah ini.


15 Gunung Tertinggi di Benua Afrika

1. Gunung Kilimanjaro, Tanzania, 5.895 mdpl


gunung kilimanjaro

Gunung yang berada di urutan pertama ini terletak di negara Tanzania, timur laut Tranzylvenia. Ketinggiannya mencapai 5.895 mdpl, menempatkannya di urutan ke-4 dalam barisan gunung tertinggi di dunia yang berdiri sendiri, tanpa menempel dengan pegunungan lain.

Dahulu, Kilimanjaro lebih dikenal dengan nama Kaiser Wilhelm Spitze. Sedangkan, penduduk setempat lebih senang memanggilnya dengan sebutan  Oldoinyo Oibor atau Kilima Dscharo, berarti gunung putih. Sebab, pemandangan di gunung Kilimanjaro didominasi oleh warna putih, warna kesucian.

Meskipun masih memiliki fumarol, yakni lubang yang terletak di dalam kerak bumi, para peneliti mengklaim bahwa Kilimanjaro merupakan gunung api yang tidak aktif terbesar di dunia. Fumarol tersebut beraktifitas mengeluarkan gas melalui kawah yang terdapat di puncak bernama Uhuru.

Orang yang pertama kali mencapai puncaknya adalah Johannes Kinyala Lauwo, seorang Korps Pengintai Angkatan Darat Marangu. Hingga saat ini, pada setiap tahun, setidaknya ada 15 ribu pendaki yang datang untuk menjamahi kegagahannya. Rata-rata, hanya 40% yang berhasil berdiri di atas puncaknya. Tertarikah kamu?.

2. Gunung Kenya, Kenya, 5.199 mdpl


gunung kenya

Saat mendengar namanya, mungkin kamu sudah bisa menebak letak gunung satu ini. Yup, gunung Kenya berada di negara Kenya, tepatnya bagian tengah, 100 mil dari ibukota. Dengan ketinggiannya yang mencapai 5.199 mdpl, Kenya merupakan gunung tertinggi di negaranya dan urutan ke-2 di benua Afrika.

Gunung Kenya memiliki 3 puncak, yakni puncak Lenana (4.985 meter), Nelion (5.188 meter) dan puncak tertinggi, Batian (5.199 meter). Merupakan gunung berapi yang tidak aktif dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Kenya.

Pada gunung ini, kita bisa menemukan Global Atmosphere Watch, yaitu setasiun pemantau atmosfer.

3. Gunung Stanley, Kongo dan Maroko, 5.109 mdpl


gunung stanley

Berikutnya, merupakan gunung Stanley yang terletak di perbatasan negara Maroko dan Kongo. Puncak Margherita, yaitu puncak tertinggi gunung Stanley, berada di titik ketinggian 5.109 mdpl. Menjadikannya gunung paling tinggi di dua negara itu.

Nama gunung ini diambil dari nama seorang jurnalis, sekaligus petualang, yaitu Sir Henry Morton Stanley. Pendakian pertamanya dilakukan pada tahun 1906.

Gunung ini berdiri gagah di atas kawasan pegunungan Ruwenzori, salah satu situs warisan dunia UNESCO. Jadi, keindahan dan kemegahan gunung Stanley merupakan satu hal yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Keren!.

Baca juga: 10 gunung tertinggi di Indonesia, apakah ada salah satunya di provinsimu?

4. Gunung Speke, Uganda dan Kongo, 4.890 mdpl


gunung speke

Masih berada di kawasan pegunungan Ruwenzori, Uganda. Gunung Speke merupakan gunung tertinggi ke-2 di pegunungan tersebut. Pendakian pertama dilakukan pada tahun 1906.

5. Gunung Barker, Uganda, 4.844 mdpl


gunung barker

Masih terletak di pegunungan Ruwenzori, Uganda, tepatnya 2,8 kilo meter dari perbatasan negara Kongo. Gunung Barker merupakan gunung tertinggi ke-3 di pegunungan tersebut. Pendakian pertama dilakukan pada tahun 1906.

Pada musim dingin, puncak gunung Barker akan ditutupi oleh salju atau ,,

6. Gunung Emin, Kongo, 4.798 mdpl


gunung emin

Masih bagian dalam kawasan pegunungan Ruwenzori, Uganda. Gunung Emin merupakan gunung tertinggi ke-4 di kawasan pegunungan tersebut. Pendakian pertama dilakukan pada tahun 1906.

Emin memiliki 2 puncak, yaitu puncak Kraepelin dan puncak Umberto.

Baca juga: 16 gunung tertinggi di Jawa Tengah, mana gunung favoritmu?

7. Gunung Gessi, Uganda, 4.715 mdpl


gunung gessi

Gunung Gessi merupakan saudara terpendek dari 6 gunung lainnya yang masih berada di keluarga pegunungan Ruwenzori di Uganda. Letaknya tidak jauh dari gunung Emin. Pertama didaki pada tahun 1906.

Gessi memiliki 2 puncak kembar, yakni puncak Bottega dan puncak Lolanda.

8. Gunung Meru, Tanzania, 4.565 mdpl


gunung meru

Meru terletak di negara Tanzania, kurang lebih, berada 44 km dari Gunung Kilimanjaro. Pendakian pada gunung Meru, termasuk pendakian yang ekstrim, dindingnya didominasi oleh bebatuan. Kamu bisa menyaksikan kemegahan gunung ini dalam sebuah film pendakian berjudul Meru.

9. Gunung Ras Dashen, Ethiopia, 1.841 mdpl


gunung ras dashen

Ras Dashen, dalam bahasa Ethiopia, penduduk sekitar menulisnya dengan 'Ras Dejen'. Ketinggiannya yang mencapai 1.841 mdpl, gunung ini menjadi gunung tertinggi di Ethiopia, Afrika timur, masuk dalam kawasan pegunungan Semien.

10. Gunung Kirunga Volcano, Kongo dan Uganda, 4.517 mdpl


gunung kirunga vulcano

Gunung Kirunga Volcano terletak di perbatasan 2 negara, yaitu negara Kongo dan Uganda. Puncaknya, yang mencapai ketinggian 4.517 mdpl, akan diselimuti salju saat musim dingin tiba. Sedangkan, lerengnya dipenuhi dengan pepohonan hijau.

11. Gunung Elgon, Uganda dan Kenya, 4.321 mdpl


gunung elgon

Gunung pada urutan ke-11 ini merupakan gunung yang terletak di 2 negara, yaitu negara Uganda dan Kenya. Puncaknya mencapai titik ketinggian 4.321 mdpl. Di sana kamu dapat menyaksikan kawah besar yang dikelilingi oleh puncak-puncak lainnya.

Di sekitar lereng, terdapat hutan-hutan yang rimbun, yang membuat pemandangan di sana terlihat sangat mempesona, bak negri dalam dongeng. Keunikan lainnya adalah keberadaan air terjun dan goa kuno di gunung Elgon.

12. Gunung Atlas, Maroko, 4.165 mdpl

Atlas merupakan salah satu dari barisan gunung-gunung yang berada di negara Maroko. Puncak tertinggi pada gunung ini ialah puncak Toukbal yang memiliki ketinggian 4.165 mdpl. Meskipun memiliki beberapa jalur pendakian, namun pendakian gunung Atlas termasuk kegiatan ekstrim, tidak mudah dilakukan.

Uniknya, gunung ini adalah tempat hidup bagi suku Berber, mereka menjalani sepanjang hidup di atas gunung.

13. Gunung Cameroon, Kamerun, 4.075 mdpl


gunung cameroon

Sesuai namanya, gunung ini terletak di negara Kamerun, tidak jauh dari teluk Guinea. Menjadi gunung tertinggi di negaranya dan urutan ke-13 di benua Afrika. Tinggi puncaknya mencapai 4.075 mdpl.

14. Pegunungan Draken, Lesotho, 3.377 mdpl


gunung draken

Pegunungan Draken merupakan sebuah kawasan yang memiliki beberapa gunung di dalamnya. Pegunungan tersebut berada di negara Lesotho, yaitu sebuah negara yang berada di Afrika selatan. Sedangkan, puncak tertinggi di pegunungan Draken adalah puncak gunung Cathkin, setinggi 3.377 mdpl.

15. Gunung Tibesti, Chad, 3.415 mdpl


gunung tibesti

Tibesti adalah pegunungan yang bisa kamu temukan di gurun Sahara, wilayah Bourkou Ennedi Tibesti di Chad, Afrika tengah. Gunung ini memiliki 3 puncak, yaitu puncak Tarso Taro (3.325 mdpl), Kegueur Terbi (3.376 mdpl) dan puncak tertinggi, Emi Koussi (3.415 mdpl).

Baca juga: 10 gunung tertinggi di Malaysia, menyingkap kemegahan alam di negara tetangga

Demikian adalah 15 gunung tertinggi di benua Afrika yang bisa kami sampaikan. Setelah mengetahuinya, suatu hari nanti, semoga kita bisa menjamahi salah satu dari gunung-gunung yang telah disebutkan di atas. Amin!.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.