9 Misteri Gunung Bromo, Jawa Timur, Berikut Sejarahnya

misteri gunung bromo

Gunung Bromo, salah satu gunung terindah di Indonesia ini terletak di Kab. Pasuruan, Malang, Probolinggo dan Kab. Lumajang, Jawa Timur. Dekat dengan gunung Semeru, masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Ketinggian puncaknya mencapai 2.329 mdpl.



Karena keindahan alamnya yang sangat merona dan lengkapnya sarana wisata, pemerintah Jawa Timur tidak pernah ragu mempromosikan wisata gunung Bromo pada wajah dunia. Bayangkan saja, kamu bisa mencapai puncaknya dengan menunggangi kuda atau menggunakan mobil Jeep.



Namun, dalam tulisan ini, kita tidak akan membahas tentang keindahan Bromo atau kelengkapan fasilitas wisata di sana. Lebih fokus pada ulasan tentang jajaran misteri yang ada di gunung Bromo. Berikut di bawah ini.


9 Misteri Gunung Bromo, Jawa Timur

1. Sejarah Penamaan Gunung Bromo

Namanya diserap dari nama seorang Dewa dalam kepercayaan umat Hindu, yakni dewa Brahma, lambang dari kesucian. Dalam sebuah kepercayaan, gunung Bromo menyimpan serentetan benda-benda pusaka peninggalan dewa Brahma.

2. Tempat Bersemayamnya Para Dewa

Bromo sangat erat dengan ajaran agama Hindu, masyarakat Hindu di kawasan gunung Bromo meyakini bahwa gunung tersebut merupakan tempat bersemayamnya para dewa yang selalu melindungi mereka. Dewa-dewa yang berada di sana di antaranya adalah dewa Brahma, dewa Wisnu dan dewa Siwa.

3. Merupakan Tempat Berlindungnya Kerajaan Majapahit

Dahulu, kerajaan Majapahit pernah mengalami hal pahit. Mereka diserang oleh pasukan yang merupakan sekutu dari berbagai daerah. Merasa tidak sanggup menahan serangan, mereka pun mencari tempat pelarian. Satu rombongan mengungsi di pulau Bali dan satu rombongan berlindung di gunung Bromo. Sebab itulah kenapa Bali dan kawasan Bromo memiliki banyak kesamaan.

Rombongan yang tengah berlindung di gunung Bromo, akhirnya meminta perlindungan kepada dewa-dewa yang menaunginya. Kemudian para dewa, terutama Brahma, memberikan pinjaman benda-benda pusaka kepada pasukan kerajaan Majapahit.

4. Kisah Asmara Joko Seger dan Roro Anteng

Berbincang tentang legenda gunung Bromo, kita tidak bisa lepas dengan kisah cinta yang terjadi antara Joko Seger dan Roro Anteng. Nama Tengger pada gunung Bromo pun diambil dari perpaduan dari ke-2 namanya. an'TENG' dan se'GER'.

Joko Seger merupakan anak dari seorang Brahmana. Dia dikenal dengan kegagahan dan kekuatannya. Sedangkan Roro Anteng adalah seorang perempuan yang sangat cantik, keturunan Dewa. Semakin besar, semakin menjadi juga kecantikannya. Mereka ditakdirkan untuk saling mencintai, seorang lelaki perkasa nan tampan dan seorang perempuan lembut nan cantik, itulah Joko Seger dan Roro Anteng.

5. Legenda Gunung Batok


legenda gunung batok

Masih berhubungan dengan kisah di atas. Dari waktu ke waktu, kecantikan Roro Anteng semakin tersohor ke seluruh penjuru negri. Banyak anak raja mengantri melamarnya, namun semua lamaran itu ditolak, karena, kamu tahu sendiri, bahwa Roro Anteng hanya jatuh cinta pada Joko Seger.

Hingga akhirnya, ada seorang pemuda yang sangat sakti datang untuk melamar Roro Anteng. Pemuda itu berujar, bila lamarannya ditolak, maka dia akan murka dengan melukai ayah dan ibu Roro Anteng. Sebab merasa khawatir pada keselamatan orang tuanya, dengan berat hati, Roro Anteng bersedia dipinang oleh pemuda sakti tersebut. Tapi, dengan satu sarat.

Pemuda itu harus menjadikan kawasan di sekeliling Bromo sebagai lautan, sehingga Bromo terlihat seperti sebuah pulau, hanya dalam waktu satu malam, dari terbenamnya matahari sampai matahari terbit kembali. Syarat tersebut diajukan dengan harapan agar pemuda sakti tidak menyanggupinya.

Namun siapa sangka, karena kesaktiannya yang luar biasa, pemuda itu menerima syarat itu dengan percaya diri. Ternyata benar, dia menggali tanah di sekitar Bromo dengan batok (tempurung kelapa) raksasa. Melihat pekerjaan pemuda sakti hampir selesai, Rara Anteng tidak diam begitu saja, dia tidak ingin menghabiskan masa hidupnya dengan laki-laki yang tidak dicintainya.

Rara Anteng melakukan konspirasi saat itu, dia menumbuk padi pada malam hari, ayam-ayam yang mendengar suara tumbukan padi, kemudian berkokok saling bersahutan, membuat suasana seoalah sudah pagi. Melihat hal itu, karena merasa kesal, kemudian pemuda sakti melempar batok raksasa tersebut yang kemudian hari, batok raksasa itu kita kenal dengan gunung Batok.

Baca juga;


6. Terjadinya Pembangunan Kerajaan Ghaib yang Menjulang Tinggi


letusan gunung bromo

Terjadi, sekitar, pada tahun 2015 hingga 2016. Kala itu, Bromo mengalami peningkatan aktifitas. Banyak para ahli supranatural mengklaim bahwa kejadian tersebut adalah akibat dari pembangunan kerajaan gaib setinggi 18 tingkat yang dikerjakan oleh Ki Bromo.

Ki Bromo merupakan penguasa atau pimpinan di alam ghaib gunung Bromo. Masyarakat sekitar amat percaya akan hal itu, mereka memberikan sesajian untuk Ki Bromo dan para anak buahnya di bangsa jin agar pembangunan tersebut segera dihentikan.

7. Misteri Pasir Hisap di Gunung Bromo

Sama halnya dengan lumpur hisap di hutan Amazon, gunung Bromo pun memiliki pasir dengan kemampuan menghisap manusia yang berada di atasnya. Tidak ada yang tahu dimana titik pasir hisap di kawasan padang pasir Bromo, kecuali juru kunci dan warga Tengger asli.

8. Misteri Akar Ghaib

Para praktisi spiritual meyakini bahwa gunung Bromo dililit oleh akar ghaib yang sangat kuat. Konon, bila ada orang jahat dan memiliki hati kotor yang menginjak akar tersebut. Maka orang itu akan segera mengalami hal buruk, bahkan bisa menghilang dari alam manusia.

Baca juga;


9. Beberapa Misteri Lainnya

Selain misteri-misteri di atas, gunung Bromo pun masih memiliki misteri-misteri lainnya. Berikut di bawah ini.



  • Bromo merupakan kawasan suci
  • Keberadaan upacara Kasado yang mistis
  • Bromo adalah negri di atas awan
  • Keberadaan kuntilanak di gunung Bromo

Demikian adalah 9 misteri gunung Bromo yang bisa saya sampaikan. Saat mengunjunginya, jagalah sikap dan ucapan. Sebab, mau tidak mau, misteri-misteri di bisa saja benar-benar ada.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.