Biaya Pendakian Gunung Kerinci, Jambi (Dari Jakarta)

biaya pendakian gunung kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara, ketinggian puncaknya mencapai 3.805 mdpl. Meskipun hingga saat ini status gunung Kerinci masih berupa gunung berapi aktif, namun antusias untuk menjamahinya tidak pernah surut sepanjang tahun. Terlebih saat musim libur tiba, banyak para pendaki yang memilih gunung Kerinci sebagai tempat untuk menghabiskan masa liburannya. Hal ini tidak lepas dari keindahan alam yang dimilikinya.

Lokasi gunung Kerinci terletak di perbatasan Kabupaten Jambi dan Kabupaten Sumatera Barat. Dalam sejarahnya, letusan terakhir gunung Kerinci terjadi pada tahun 2009.

Dalam tulisan ini, saya akan menulis tentang informasi yang kamu butuhkan sebelum melakukan pendakian ke sana. Yakni, informasi tentang estimasi biaya pendakian di gunung Kerinci. Berikut di bawah ini.


Biaya Pendakian Gunung Kerinci, Jambi (Dari Jakarta)

Buat kamu yang hendak melakukan pendakian di gunung Kerinci untuk pertama kalinya, sebaiknya jangan terlalu memikirkan masalah biaya. Sebab sejatinya, besar atau kecilnya pengeluaran kembali kepada kemampuan kita dalam mengaturnya.

Biaya untuk melakukan pendakian di gunung Kerinci sendiri mengacu pada beberapa faktor, termasuk perbekalan logistik, peralatan pendakian dan alat transportasi yang kamu pilih, apakah menggunakan transportasi darat atau transportasi udara. Semuanya mempengaruhi besar-kecilnya pengeluaranmu.

Transportasi Darat

Bila kamu dari Jakarta dan menggunakan jalur darat. Maka tujuan utamamu adalah Terminal Kampung Rambutan, kamu dapat memilih berbagai kendaraan bis antar provinsi, dari Jakarta menuju Jambi. Layanan bis yang bisa kamu pilih di antaranya adalah Handoyo, ALS, Famili Raya, Medan Jaya dll.

Ongkosnya sendiri bervariasi antara Rp. 250.000 hingga Rp. 350.000. Sedangkan waktu perjalanan yang akan kamu tempuh adalah sekitar 2 hari 2 malam. Memanglah cukup lama, untuk mengusir kejenuhan saat berada di bis, kamu bisa bermain kartu, ngobrol kanan-kiri atau tidur pulas.

Transportasi Udara

Tentu saja, meskipun lebih mahal, jika memilih jalur udara, kamu dapat mempersingkat waktu. Bila kamu dari Jakarta, maka tujuan awalmu adalah Bandara Soekarno - Hatta, ada banyak layanan maskapai yang bisa dipilih, di antaranya adalah Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Lion Air dll, dengan tujuan Bandara Sultan Thaha Jambi (dibaca Toha).

Biaya ongkosnya sendiri sekitar Rp. 450.000, sedangkan lama perjalanan hanya 1 hari. Sesampainya di Bandara Sultan Thaha Jambi, kamu bisa menggunakan travel, taxi atau yang paling murah, yakni angkutan umum.

Biaya Pendakian Gunung Kerinci

Untuk biaya retrubusi memasuki kawasan gunung Kerinci, kamu hanya diharuskan merogoh kocek sebesar Rp. 7.500 per orang. Namun, bila hendak menyewa porter, agar pendakianmu lebih aman dan nyaman, uang yang harus kamu siapkan adalah sekitar Rp. 250.000 - Rp. 300.000,-

Baca juga : 5 misteri gunung Kerinci yang angker

Demikian adalah informasi tentang biaya pendakian gunung Kerinci yang bisa saya sampaikan, buat kamu yang berada di luar Jakarta, kamu dapat menggunakan informasi di atas sebagai rujukan untuk mengira-ngirakan biayanya.

Tips : Sebaiknya menyiapkan uang lebih sebesar Rp. 100.000 - Rp. 150.000 dari biaya yang sudah kamu perkirakan, sebagai uang simpanan, khawatir jika ada kondisi yang tak disangka-sangka saat kamu berada dalam perjalanan.

Catatan : Sebelum melakukan pendakian ke gunung Kerinci, selain menyiapkan uang, sebaiknya kamu juga menyiapkan fisik, mental dan perlengkapan pendakian.

Baca juga;

12 olah raga ringan sebagai persiapan fisik sebelum pendakian
perlengkapan mendaki gunung. 12 barang ini akan membuat lebih siap untuk mendaki
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.