Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Tambi, Kaliangkrik

pendakian gunung sindoro via kaliangkrik

Gunung Sindoro merupakan gunung berapi aktif bertipe Strato, ketinggiannya mencapai 1.405 mdpl. Berdiri megah di antara perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Berjarak tidak jauh dari saudara kembarnya, gunung Sumbing, hanya dipisahkan oleh jalan raya yang menghubungkan kota Magelang dan Kabupaten Wonosobo.

Selain disebut Sindoro, gunung ini juga memiliki beberapa nama lain, di antaranya adalah Sundoro dan Sindara. Salah satu keunikan gunung Sindoro dibanding gunung lainnya adalah kawasan puncaknya yang sangat luas, beberapa kali lebih luas dari lapangan stadion GBK.

Hingga saat ini, gunung Sindoro masih menjadi salah satu biduan di kalangan para pendaki gunung, banyak di antara mereka yang memilih gunung Sindoro sebagai tempat untuk menghabiskan masa liburan. Saat menjamahinya, kamu dapat menikmati bentangan alam yang indah nan luas, membuat beban berat kehidupan terasa sedikit ringan.


Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Tambi

Jalur Tambi merupakan jalur tercepat menuju puncak gunung Sindoro, rata-rata perjalanan dilakukan selama 6 jam. Meski demikian, tidak banyak pendaki yang memilihnya saat naik, karena track-nya yang menanjak dan terjal, namun, untuk mempersingkat perjalanan, sebagian pendaki menggunakannya sebagai jalur untuk menuruni gunung.

Saat memilih jalur Tambi, kamu akan melintasi punggungan gunung di sebelah Utara, pintu masuknya sendiri berada di desa Sigedang, Kecamatan Tambi, Kabupaten Wonosobo. Oleh karenanya, jalur Tambi juga dikenal sebagai jalur Sigedang atau jalur Sikatok.

Rute Perjalanan Menuju Basecamp Tambi

Dari kota mana pun, tujuan awalmu adalah terminal Mendolo atau terminal Sawangan, dari sana, naiklah bus jurusan terminal Dieng dan turun di pertigaan Rejosari arah ke Tambi.

Basecamp Tambi

Basecamp Tambi berada di Desa Sigedang, Kecamatan Tambi, Kabupaten Wonosobo, lebih tepatnya berada di rumah seorang juru kunci bernama Mbah Amin. Sesampainya di sini, kamu bisa istirahat, mengecek perbekalan dan membayar tiket masuk kawasan gunung Sindoro, senilai Rp. 5.000 per satu orang.

Perjalanan dimulai.....

Basecamp - Pos 1 (1 Jam)

Beranjak dari basecamp, kita akan mendapatkan ucapan selamat datang dari pemandangan kebun teh yang luas, hijau dan indah. Tidak lupa, udara segar pegunungan mulai menyapa wajah. Medan berupa tanah merah dan track terasa masih sangat landai. Setelah berjalan sekitar 1 jam, maka kamu akan sampai di pos 1.

Pos 1 merupakan sebidang tanah yang luas, di sana terdapat sebuah bangunan terbuka, namun memiliki atap, bisa kamu manfaatkan untuk berteduh. Pemandangan di pos 1 adalah bentangan kebun teh yang sangat memanjakan mata.


Pos 1 - Pos 2 (30 Menit)

Tidak banyak berubah, pemandangan di sepanjang perjalanan menuju pos 2 masih didominasi oleh perkebunan teh. Begitupun dengan medan dan tingkat kemiringan track, masih berupa tanah dan masih landai. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Keadaan pos 2 tidak berbeda jauh dengan pos 1.


Pos 2 - Pos 3 (1 Jam)

Selepas pos 2, track mulai menanjak, perlahan dengan pasti, vegetasi pun semakin rapat, pohon-pohon besar mulai menampakan diri, menyadarkan bahwa kita sedang memasuki hutan gunung Sindoro. Tetap jaga etika, perilaku dan perkataan. Perjalanan menuju pos 3 memakan waktu sekitar 1 jam.

Kondisi pos 3 merupakan sebidang tanah yang cukup luas, mengingat puncak masih jauh, pos 3 bukanlah tempat ideal untuk mendirikan tenda, meskipun sebagian kecil pendaki ada yang mendirikan tenda di pos 3 ini.


Pos 3 - Jeblugan Alit/Watu Susu (90 Menit)

Setelah melewati pos 3, pemandangan kembali terbuka, menampilkan pemandangan alam yang indah, luas dan megah, track semakin sadis dan terjal, medan berupa tanah padat bercampur bebatuan. Jika kita amati, di perjalanan menuju Watu Susu, kita dapat melihat pohon Cantigi yang bisa dikosumsi dalam keadaan survival.

Baca juga : panduan bertahan hidup saat tersesat di gunung, membacanya 5 menit, kelak dapat menyelamatkan nyawamu

Perjalanan menuju Watu Susu membutuhkan waktu sekitar 90 Menit. Watu Susu sendiri merupakan area yang terbuka, di sana kita dapat melihat sebuah tebing yang bernama Tebing Jeblugan Alit.


Watu Susu - Puncak Segoro Wedi (2 Jam)

Beranjak dari kemegahan pemandangan di Watu Susu, track semakin terjal, medan berupa tanah padat bercampur bebatuan dan kerikil, di tengah perjalanan, kita akan melewati Sabana atau Alun-Alun, sebuah padang rumput yang sangat luas, di sinilah tempat ideal untuk mendirikan tenda.

Selanjutnya, 10 menit dari Sabana, kamu akan melewati Pasar Setan yang berlokasi berdekatan dengan makam Jogo Negoro. Sedangkan, dari Pasar Setan, dengan melintasi jalanan yang menanjak dan berbatu, kita dapat melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan jarak tempuh sekitar 20 Menit.


Puncak Gunung Sindoro

Sesampainya di puncak, kamu akan disuguhi oleh pemandangan alam yang menakjubkan, berupa hamparan sabana yang luas, gemulan awan yang sangat memukau dan gugusan beberapa gunung yang megah, termasuk di antaranya adalah gunung Sumbing, gunung Merbabu, gunung Merapi dan samar-samar terlihat juga gugusan gunung Slamet.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sindoro Via Tambi

Basecamp - Pos 1 : 1 Jam
Pos 1 - Pos 2 : 30 Menit
Pos 2 - Pos 3 : 1 Jam
Pos 3 - Watu Susu : 90 Menit
Watu Susu - Puncak : 2 Jam

Tips Pendakian Gunung Sindoro Via Tambi

1. Karena tidak terdapat sumber air sepanjang perjalanan, sebaiknya kamu menyiapkan perbekalan air sebaik mungkin

2. Waktu terbaik untuk melakukan pendakian adalah beberapa hari selepas musim hujan, pergantian ke musim kemarau

3. Jumlah rombongan yang ideal adalah 6 - 8 orang, bila kamu melakukannya sendirian, pastikan bahwa itu bukan pendakian pertamamu di gunung Sindoro

4. Melakukan persiapan fisik, melengkapi logistik dan perlengkapan pendakian

5. Utamakan keselamatan, bila kondisi tidak memungkinkan, jangan memaksakan ego untuk sampai di puncak

Misteri Gunung Sindoro

(Sebaiknya dibaca setelah usai melakukan pendakian), untuk mengetahui berbagai macam misteri yang tersimpan di gunung Sindoro, kamu dapat membaca 9 gunung Sindoro.

Demikian adalah informasi jalur pendakian gunung Sindoro via Tambi yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.