6 Film Pendakian Gunung Indonesia Paling Populer

6 film pendakian gunung indonesi terpopuler

Film bertema pendakian di Indonesia selalu menarik untuk ditonton, apalagi untuk penghobi ketinggian. Saat menyaksikan film-film pendakian, kita bisa melihat keindahan alam Indonesia yang memukau, mengetahui tentang perjuangan untuk menikmati sajian alam, cara berjuang untuk bertahan hidup di alam rimba, serta semangat untuk melakukan petualangan di atas gunung.



Memang seperti itulah kekuatan dari sebuah film. Film romantis, akan membawa kita kepada pribadi puitis. Film action, mampu merubah kita menjadi pribadi yang berani. Film tentang kehidupan, akan menjadikan kita bak Mario Teguh, penuh dengan motivasi. Demikian pula dengan film tentang pendakian, mampu membangkitkan semangat bertualang untuk mencapai puncak-puncak tertinggi.

Berbicara mengenai film bertema pendakian, Holywood sudah banyak sekali memproduksinya, dengan berbagai alur cerita dan dengan berbagai gunung di dunia sebagai latar belakangnya. Bagaimana dengan di Indonesia sendiri?. Meskipun tidak terlalu banyak, jumlahnya bisa dihitung oleh jari, tapi kita masih harus bersukur. Setidaknya ada 6 tontonan asik dengan latar belakang keindahan gunung-gunung di Indonesia yang menawan.

Nah, dalam artikel yang sedang kamu baca sekarang, kita akan mengulas tentang;


6 Film Pendakian Indonesia yang Akan Membawamu Kepada Keindahan Alam Bumi Pertiwi

1. 5cm



Sebuah film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani, diproduksi tahun 2012, mengangkat kisah yang telah diceritakan dalam sebuah novel best seller, berjudul 5cm. Film 5cm menceritakan tentang perjuangan 5 orang sahabat dalam menggapai atap pulau Jawa, puncak Mahameru.

Pada mulanya, 5 sahabat itu, yaitu Genta, Zapran, Ian, Arial, dan Riani, merasa bosan atas kehidupan yang mereka anggap hanya begitu-begitu saja. Akhirnya, mereka bersepakat untuk keluar dari zona nyaman, melakukan sebuah perubahan dalam hidup mereka dan melakukan petualangan di gunung Semeru.

Dalam film 5cm, kamu akan melihat keindahan gunung Semeru dari dekat, menyaksikan danau Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta dan puncak Mahameru. Banyak kalangan yang mengangkat jempol untuk film ini, namun tidak sedikit juga yang mengkritik pedas, baik terhadap pakaian yang mereka kenakan saat mendaki atau tingkah laku mereka selama dalam perjalanan menuju puncak Mahameru.

Baca juga: 29 film petualangan terbaik

2. Romeo dan Rinjani



Sebetulnya, film di nomor 2 ini bergenre percintaan. Namun sang sutradara tampaknya tertarik untuk menggunakan pemandangan cantik gunung Rinjani sebagai tema pemandangan utamanya. Menurut para pecinta film di Indonesia, alur cerita dalam film Romeo dan Rinjani ini terasa hambar, kurang mampu menarik perhatian para penontonnya.

Film ini, menceritakan tentang seorang playboy, sekaligus fotografer, bernama Romeo, yang bekerja pada salah satu majalah adventure. Pekerjaan memaksanya untuk mendaki gunung Rinjani, dalam perjalanannya, dia bertemu dengan gadis yang benar-benar bisa memikat hatinya.

Nasib film ini tidak jauh berbeda dari film 5cm, banyak kalangan mengkritik gaya berpakaian yang dikenakan oleh para pemerannya. Apalagi pakaian yang digunakan oleh Alexa Key, terlalu seksi. Meskipun demikian, pemandangan gunung Rinjani yang memukau, menjadi alasan kenapa film ini masih enak untuk ditonton.

3. Sagarmatha

Meskipun tidak sepopuler film 5cm, namun film Sagarmatha adalah salah satu tontonan wajib bagi para pendaki gunung Indonesia. Pasalnya, selain melihat pemandangan indah di gunung Everest, kamu pun bisa mengambil beberapa pelajaran hidup dari film ini, baik itu tentang persahabatan, keberanian atau sebuah perjuangan menggapai cita-cita.

Dirilis pada tahun 2013, film ini menceritakan kisah tentang 2 orang sahabat, Nadine Chandrawinata dan Ranggani Puspandya, yang kadang memiliki cara pandang berbeda dalam melihat sebuah masalah. Namun, cita-cita yang sama, yaitu ingin menggapai puncak tertinggi di dunia, menyatukan mereka dalam sebuah perjalanan yang penuh inspirasi.

Nama Sagarmatha sendiri diambil dari nama sebuah kawasan yang berada di bagian timur negara Nepal, mencakup pegunungan Himalaya dan gunung Everest. Sagarmatha juga adalah sebutan gunung Everest bagi penduduk Nepal.

4. Pencarian Terakhir

Film yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman, memadukan suasana petualangan dan horor, menceritakan tentang pendakian 5 orang anak muda, Ganjar dan teman-teman. Di tengah pendakian di gunung Sarangan, mereka tersesat (atau disesatkan?). Hal ini mungkin disebabkan karena ketika mendaki, mereka sempat melakukan pesta minuman keras.

Fokus film ini menceritakan kepada misi kakak perempuan Ganjar untuk menemukan mereka. Tentu saja tidak akan mudah, ada berbagai halangan yang harus dihadapi, termasuk halangan yang datang dari makhluk penunggu gunung Sarangan. Film ini sangat bagus, membuktikan kalau film horor yang seru tidak selalu dibumbui oleh hal-hal yang berbau mesum.

5. Aksa 7



Sebuah karya film buatan anak bangsa yang sangat patut diacungi jempol. Berjenis film dokumeter, film ini akan membawamu kepada petualangan di 7 gunung tertinggi Indonesia, baik dengan segala keindahan, budaya dan masalah-masalah pada 7 gunung tersebut.

Dimulai pada bulan November 2014, oleh 5 orang laki-laki dan satu perempuan. Mereka memutuskan untuk menjalani petualangan hebat, menggapai angan untuk mengenal Indonesia dari dekat. Ke-6 ekspeditor itu sendiri antara lain adalah Anggi Frisca, Yohanes Christian Pattiasina, Rivan Hanggarai, Jogie Khrisna Muda Nadeak, Wihana Erlangga dan Teguh Rahmadi. Kabarnya film ini akan ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia pada bulan Agustus 2017.

6. Soe Hok Gie

Menceritakan tentang kisah Soe Hok Gie yang merupakan seorang penulis idealis, demonstran handal dan pendaki gunung. Dalam film ini, sang sutradara, Riri Reza, bermaksud menggambarkan keadaan pada tahun 1960 di Jakarta, saat dimana Soekarna masih memegang tahta kekuasaan di negara ini.

Meskipun demikian, Riri Reza tidak lupa bahwa Gie adalah pendaki gunung sejati. Dalam film ini juga, kamu bisa melihat keindahan gunung Pangrango dan lembah Mandalawangi yang menjadi tempat favorit Soe Hok Gie. Selain itu, menurut saya, film ini mengajarkan tentang idealisme, cara memegangnya dan memperjuangkannya.



Baca juga: film Everest, manusia tidak pernah bisa menaklukan gunung

Demikian adalah 6 film pendakian gunung di Indonesia. Semoga film-film di atas bisa memberikanmu semangat untuk menjelajahi alam Indonesia yang sangat merona, indah dan luas.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.