7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa yang Sangat Indah Nan Elok

7 gunung tertinggi di pulau jawa

Indonesia, sebuah negara yang berada dalam rangkaian cincin api pasifik, negara cantik yang di dalamnya terdapat banyak sekali gunung berapi. Di Indonesia sendiri, pulau yang paling banyak menyumbang jumlah gunung berapi adalah pulau Jawa. Namun, selain gunung berapi, banyak juga gunung mati berdiri gagah, menghiasi, pulau panjang ini.

Maka tak heran, pulau Jawa adalah salah satu surga bagi para pendaki gunung dan perindu ketinggian, dari provinsi Banten hingga Jawa Timur, berbaris gunung-gunung elok yang menyimpan sejuta keindahan alam.

Dari banyaknya sebarisan gunung-gunung itu, kali ini, kita akan membahas tentang 7 gunung tertinggi di pulau Jawa. Masing-masing gunung tertinggi ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Langsung di bawah sini bang.


7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

7. Gunung Welirang


gunung welirang
Kawah Gunung Welirang Via Wikipedia
Ketinggian puncaknya yang mencapai 3.156 mdpl menempatkan gunung Welirang di posisi 7. Letaknya dekat dengan gunung Arjuno, berdiri megah di antara kabupaten Mojokerto dan Malang, Jawa Timur. Nama Welirang sendiri memiliki artian belerang, lantaran memang, di gunung ini terdapat sumber belerang yang melimpah ruah yang dikelola oleh penduduk setempat.

Bila kamu bermaksud mendaki gunung ini, sebaiknya mendakilah sebelum pukul 7 pagi, dan jangan berlama-lama di puncak. Pada pukul sembilan ke atas, hembusan bau belerang yang sangat kuat akan menyerang kawasan puncak gunung Welirang. Bisa saja, hembusan belerang membahayakanmu.

6. Gunung Lawu


gunung lawu
Pendakian Gunung Lawu Via Bintang.com
Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl ini cukup dikenal sebagai gunung yang memiliki berbagai misteri, hal ini sudah kami ulas dalam sebuah tulisan yang berjudul 9 misteri gunung Lawu, salah satu misteri gunung Lawu yang paling dikenal menyebutkan bahwa apabila Lawu meletus, maka pulau Jawa bisa terbelah.

Berdiri gagah di atas tanah 2 provinsi, yaitu provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur dan 3 kabupaten, yaitu kabupaten Ngawi, Magetan dan kabupaten Karang Anyar. Memiliki 3 puncak, yaitu puncak Hargo Dalem, Hargo dumilah dan Hargo Dumiling. Gunung Lawu adalah gunung aktif yang sedang beristirahat, terakhir meletus pada tahun 1885.

5. Gunung Arjuno


gunung arjuno
Pemandangan Gunung Arjuno Via Kapan lagi
Pada urutan nomor 5 ada gunung yang terletak di kabupaten Malang, Jawa Timur. Yaitu gunung Arjuno dengan ketinggian 3.339 mdpl. Letaknya berdampingan dengan gunung Welirang.

Sejak jaman lampau, gunung Arjuno sangat sarat akan hal-hal yang berhubungan dengan pemujaan. Di sana, terdapat banyak situs peninggalan sejarah, tentunya sejarah yang masih berhubungan dengan ritual pemujaan.

Jalur pendakian yang tersedia untuk dilewati ada 4 jalur, di antaranya adalah jalur Lawang, Batu, Tretes dan jalur Purwosari. Dalam masalah keindahan, gunung ini tidak kalah dengan gunung Semeru. Sangat patut kamu jamahi.

4. Gunung Raung


gunung raung
Gunung Raung Via Bintang
Berdiri di provinsi Jawa Timur, dengan ketinggian 3.344 mdpl menjadikannya menduduki posisi nomor 4 dalam ulasan kita kali ini. Di kalangan para pendaki, puncak gunung Raung dikenal dengan sebutan puncak sejati. Sebab, puncak gunung Raung adalah tantangan hebat untuk para pendaki sejati.

Gunung Raung masuk dalam tulisan kami yang berjudul 8 gunung dengan jalur pendakian paling ekstrim. Di sana disebutkan, apabila kamu bermaksud mencari tantangan hebat, maka mendaki gunung Raung lewat Kalibiru adalah hal yang sedang kamu cari. Saat melintasinya, kamu akan dihadang oleh jembatan 'Sirotol Mustaqim', sebuah jembatan kecil dengan jurang menganga di kanan dan kirinya.

3. Gunung Sumbing

Karena letaknya yang sangat berdekatan, gunung Sumbing dan Sindoro diakumulasi sebagai gunung kembar. Berdiri gagah setinggi 3.371 mdpl, menempati 3 kabupaten sekaligus, yakni kabupaten Temanggung, Magelang dan kabupaten Wonosobo, Jawa Timur. Jalur pendakian gunung Sumbing yang difavoritkan adalah lewat desa Garung.
Saat kamu berhasil menginjakan kaki di puncak gunung Sumbing, kamu bisa menyaksikan kawah yang masih aktif. Menurut saya, gunung Sumbing dan gunung Sindoro memiliki keindahan alam yang setara, namun pendakian gunung Sumbing itu lebih menantang dibanding Sindoro. Menurutmu?.

2. Gunung Slamet


gunung slamet
Gunung Slamet via Jalan Pendaki
Dengan ketinggian puncaknya yang mencapai 3.428 mdpl, gunung ini menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah dan menempati posisi ke-2 di pulau Jawa. Letaknya berada di atas 5 kabupaten, yaitu kabupaten Tegal, Purbalingga, Banyumas, Brebes dan kabupaten Pemalang.

Walaupun gunung Slamet tidak mudah untuk didaki, namun predikat sebagai gunung paling tinggi di Jawa Tengah tidak pernah membuatnya sepi dari perindu ketinggian. Ketika kamu hendak mendakinya, ada 3 jalur pendakian yang bisa dipilih, yaitu jalur Kaliwadas, Baturaden dan jalur Blambangan, jalur paling populer di kalangan para pendaki gunung.

1. Gunung Semeru


gunung semeru
Gunung Semeru via Super Adventure Travel
Siapa yang tidak mengenalnya, berpredikat sebagai atap pulau Jawa, memiliki keindahan alam yang sangat memukau dan terdapat danau Ranu Kumbolo yang sangat cantik. Tidak lain dan tidak bukan ialah gunung Semeru, dengan ketinggian 3.676 mdpl.

Bila kamu ingin mengetahui tentang gunung Semeru lebih detail lagi, sebaiknya kamu membaca tulisan lainnya, berjudul info gunung Semeru dan misteri gunung Semeru. Dalam 2 tulisan itu, semua tektek bengek tentang gunung Semeru sudah saya uraikan.

Demikian adalah 7 gunung tertinggi di pulau Jawa. Selanjutnya, setelah mengetahuinya, gunung mana yang akan kamu daki terlebih dahulu?. Baca juga 10 gunung tertinggi di Indonesia.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.