8 Sepatu Gunung Murah, Berkualitas dan Tahan Banting

rekomendasi sepatu gunung

Ketika melakukan pendakian, selain membutuhkan mental kuat dan tahan banting, kita juga membutuhkan sepatu kuat dan tahan banting. Sepatu gunung dan mental adalah dua hal yang sangat dibutuhkan dalam pendakian. Kamu tahu kenapa?.



Karena dalam setiap pendakian yang kita lakukan, bagian tubuh yang paling sering bekerja adalah kaki, berjalan menyusuri track, berhadapan dengan batu-batu keras dan memikul berat badan, juga carrier. Tidak salah apabila kamu beranggapan bahwa peralatan mendaki gunung yang paling utama adalah sepatu gunung.

Tidak salah juga apabila kaki kita membutuhkan sepatu gunung yang mumpuni, berkualitas dan tahan banting. Memilih sepatu gunung, bisa jadi lebih susah daripada memilih pasangan hidup. Selain harus nyaman dan setia, sepatu gunung pun harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu, seperti ringan, kuat, memiliki sistem sirkulasi udara yang baik, mudah kering dan bisa mengurangi resiko kecelakaan.

Baca juga: 9 tips memilih sepatu gunung

Namun, banyak orang yang mengeluh. Menurut mereka sepatu yang memenuhi kriteria di atas, pastilah berbandrol tinggi. Merk sepatu yang sudah teruji dan dipercaya oleh para pendaki dunia, seperti merell, salomon, the north face, atau karrimor (bukan yang KW tentunya) pasti memiliki harga yang tidak murah.

Kemudian apa solusinya?, supaya bisa memakai sepatu yang memenuhi kriteria dan tidak menyiksa dompet?. Solusinya adalah tujuan kenapa artikel ini dibuat. Yaitu, untuk mengetahui 8 sepatu gunung yang murah dan berkualitas. Sepatu gunung apa sajakah itu?. Simak ulasan kami di bawah ini.




8 Sepatu Gunung Murah, Berkualitas dan Tahan Banting

1. Eiger

Dahulu, banyak orang salah mengira bahwa Eiger adalah produk luar. Mungkin karena kualitasnya yang oke punya dan nama perusahaan yang diambil dari nama gunung di luar negri sana. Namun, tahukah kamu bahwa Eiger adalah produk lokal, 100% buatan anak bangsa dan kita bisa berbangga.

Pendaki Indonesia mana yang tak kenal dengan brand satu ini, kualitasnya sudah terbukti. Bahkan, kemarin dulu Eiger adalah brand sepatu yang dipakai oleh para ekspeditor Aksa 7 untuk menjamahi 7 gunung tertinggi di Indonesia. Bisa kamu bayangkan seberapa tahan bantingnya sepatu Eiger.

Dengan kualitas yang kuat dan tampilan yang modis, kamu bisa mendapatkan sepatu Eiger hanya dengan merogoh kocek Rp. 600.000 sampai Rp. 1,5 juta. Seperti Eiger Mid Boot Shamrock, Oblivion Mid, atau Shoes Tennese 1989.

2. Rei
rei
Sumber: Rei

Meskipun kualitas Rei Indonesia masih di bawah kualitas Rei Malaysia (maaf ini kenyataannya), tapi kamu masih bisa mengandalkan sepatu gunung Rei lokal untuk menerjangi medan curam di atas gunung sana.

Selain nyaman di kaki, sepatu gunung Rey pun tahan banting dan tahan lama. Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 800.000, kamu sudah bisa memakai sepatu dengan brand Rei dalam mengarungi ganasnya track gunung Semeru atau gunung Rinjani. Misalnya saja Rei seri Summler Shoes yang ditawarkan dengan harga Rp. 600.000.

3. Consina

Bila kamu ingin membeli sepatu gunung yang memiliki kualitas kuat seperti brand Eiger, namun dengan harga di bawahnya, kamu bisa membeli sepatu gunung Consina.

Dalam segmen sepatu gunung, Consina menawarkan harga yang cukup bervariasi. Yaitu dimulai dari Rp. 400.000 sampai Rp. 1,7 juta. Contohnya Consina seri Alphine Woman, Mt Roke Women, dan Towe Trekk yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 500.000.

4. Forester

Beberapa tahun terakhir, brand lokal Forester ikut meramaikan persaingan dalam produk peralatan mendaki gunung. Menyisiati untuk melawan brand-brand lokal yang sudah lebih dulu mapan. Nampaknya, Forester menawarkan harga yang lebih miring dibanding brand-brand lainnya, seperti Eiger atau Consina.

Namun bukan berarti kualitas Forester asal-asalan. Selain harga murah, Forester pun menawarkan kenyamanan saat digunakan, tahan lama dan desain yang keren-keren. Menurut penuturan teman yang memakai sepatu gunung berlebel Forester, harga sepatu gunung ini berada dalam kisaran Rp. 500.000.

5. SNTA

Menurut saya, brand SNTA adalah pilihan tepat apabila kamu ingin memakai sepatu gunung yang passionable, tangguh dan tidak boros di dompet. Produk lokal yang masih muda, tapi sudah sangat dikenal di kalangan para pendaki Indonesia.

Namun sayang, menurut saya yang berpengalaman memakai sepatu ini. Produk SNTA kurang nyaman saat digunakan, bahannya keras dan sirkulasi udara yang tidak mumpuni. Namun, hal ini bisa ditoleran apabila kita mengingat variasi harga yang ditawarkan cukup murah. Dengan merogoh kocek Rp. 300.000 sampai Rp. 600.000, kamu sudah bisa memakai sepatu gunung yang passionable.

6. Wigote


wigote
Sumber: Bukalapak

Menurut teman saya, dengan uang Rp. 400.000, kamu sudah bisa mendapatkan sepatu gunung bermerk. Bila kamu sedang mencari sepatu gunung murah, mungkin Wigote bisa menjadi pertimbangan. Tapi, saya tidak bisa menjamin apakah sepatu yang kamu beli akan tahan lama atau tidak.

7. Trekking

Untuk menelusuri medan yang sedang, sepatu dari brand Trekking masih bisa diandalkan. Tapi jangan berfikir untuk memaki sepatu ini saat kamu hendak mendaki gunung-gunung yang memiliki track terjal dan berbahaya. Tahu kenapa?.

Trekking menawarkan harga yang murah. Yaitu, sekitar Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000. Tahan lama dan menawarkan desain keren. Tapi lagi-lagi, masalah kenyamanan kurang bisa diandalkan.

8. Quechua


quechua

Sepatu gunung keluaran produsen Quechua cukup bagus dan tahan lama. Rekomended buat kamu yang suka dengan model gender, karena Quechua menyediakan model untuk perempuan dan laki-laki. Harga sepatu gunung Quechua yang bisa kamu beli adalah sekitaran Rp. 250.000 sampai Rp. 700.000.



Demikian adalah ulasan tentang 8 sepatu gunung murah, berkualitas dan tahan banting yang bisa saya sampaikan kepada kamu. Semoga membantumu saat hendak membeli sepatu. Tidak harus mahal, biarpun murah kalau memenuhi kriteria sepatu gunung yang mumpuni, sangat bisa dipertimbangkan. Terkadang harga juga berbohong.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.