Film Into The Wild, 6 Inspirasi yang Diambil dari Petualangan Supertramp

alexander supertramp

Film petualangan legendaris, cerita tentang seorang pemuda yang bosan akan kehidupan (yang menurutnya) penuh kepalsuan. Dia pergi dari kepalsuan itu, menuju hutan Alaska, tanah tak bertuan, jauh dari siapa pun dan tidak ada seorang pun yang akan mengganggunya.

Film Into The Wild (arti: Menyatu dengan alam). Apakah kamu pernah menonton film itu?, film yang menceritakan petualangan Alexander Supertramp di hutan Alaska seorang diri. Entah apa yang dia cari, namun jelas, dia berhasil bebas dari belenggu-belenggu kehidupan yang dipenuhi kepalsuan, dengan petualangannya, dia mendapatkan apa yang dia cari.

Semalam tadi, meskipun sudah sering menonton film Into The Wild, namun tak pernah bosan bagi saya memutarnya kembali. Setiap menontonnya ada saja hal baru yang bisa saya ambil darinya. nah, dalam tulisan yang sedang kamu baca sekarang, saya hendak merangkum 7 pelajaran hidup yang bisa diambil dari petualangan Alexander Supertramp.

Untukmu seorang petualang, inilah 7 inspirasi yang diambil dari film Into The Wild;

1. Beranilah Melangkah Dari Zona Nyamanmu

Menurutmu, apa yang kurang dari kehidupan Supertramp?, jika ia tidak berani melemparkan dirinya ke luar zona nyaman, dia adalah sarjana universitas W.T. Woodson High School dengan nilai terbaik, tentu dia akan mendapatkan pekerjaan bagus, mencari pasangan dan hidup aman hingga kematian menjemputnya.

Namun baginya, hidup tidak sedatar itu, dia pergi meninggalkan kenyamanan itu, melangkah keluar, membenturkan diri dengan ketidaknyamanan. Untuk satu tujuan, 'bebas' dan dia mendapatkannya.

Kehidupan kita pun demikian, untuk menggapai cita-cita, harus ada yang dikorbankan, keluar dari zona nyaman, berusaha keras dan kau akan mendapatkan apa yang kau cita-citakan.

2. Kecintaan Kepada Alam Mengalahkan Cinta Kepada Manusia

Ada kebahagiaan di hutan yang belum terjamah

Ada kegairahan di pantai yang sunyi

Ada peradaban, dimana tak ada pengganggu

Di kedalaman lautan dan bisingnya suara musik
Aku tak lebih mencintai manusia, tapi lebih mencintai alam

Demikian adalah sebarisan bait puisi Lord Byron saat menggambarkan sosok Supertramp, katanya, dia lebih mencintai alam dibanding manusia. Sebuah pelajaran, kita pendaki gunung dan harus mencintai alam, meskipun tidak sekuat cintanya Supertramp, setidaknya kita tidak merusak alam dan selalu merawatnya.

3. Jiwa Seorang Petualang Adalah Jiwa Kebebasan

Tidak ada batasan dalam berpetualang, dunia begitu luas, pijaklah tanah yang ingin kamu injak, selamilah lautan, dakilah gunung-gunung tinggi dan jelajahilah hutan rimba. Jadilah seekor burung yang terbang bebas mengitari angkasa atau kau hanya jadi seekor macan di kebun binatang yang selalu terbelunggu oleh jeruji besi.

4. Jadilah Pemuda yang Lincah, Penuh Energi

Satu alasan dari banyak alasan kenapa saya menyukai tokoh Alexander Supertramp adalah kenyataan bahwa dia adalah pemuda yang lincah. Lihat saja saat kelulusannya dari universitas W.T. Woodson High School, dia melompat saat naik ke podium atau saat berjalan di atas pohon besar yang rubuh.

Berbeda dengan kebanyakan anak muda jaman sekarang (seperti saya). Pagi-pagi ngantuk, siang hari lemes dan malam harinya insomnia, mengerjakan banyak hal yang kurang perlu. Jadilah pemuda yang penuh gairah!.

5. Pentingnya Belajar Pengetahuan Survival Skill

Satu hal yang amat disayangkan dari kisah petualangan Supertramp, kenapa dia harus meninggal dengan tragis?. Salah memilih makanan saat berada di alam bebas, memakan tumbuhan yang mengandung racun. Sebelum kematiannya di magic bus, dia merasakan kesakitan di bagian perut yang luar biasa hebatnya.

Akhir yang tragis ini mengirimkan pesan kepada para pelaku kegiatan outdoor lainnya, pecinta ketinggian atau perindu hijaunya dedaunan. Betapa pentingnya belajar pengetahuan survival skill.

Baca juga: 6 film pendakian gunung Indonesia terbaru

6. Berbagi Itu Indah

Kebahagiaan akan menjadi sebuah kenyataan hanya saat kita berbagi

Demikian adalah kalimat yang tertulis di buku hariannya. Banyak orang berpendapat, bahwa saat menjelang akhir kisahnya, Supertramp sadar, bahwa manusia adalah makhluk yang membutuhkan manusia lainnya. Lewat berbagi kita akan menemukan kebahagiaan sejati.

Itulah 6 inspirasi yang bisa diambil film Into The WildSelamat jalan petualang hebat, semua yang pernah kau kisahkan dalam kehidupanmu selalu abadi terekam di benak para petualang yang lahir setelahmu.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.