Panduan Persiapan Mendaki Gunung Untuk Pemula, Sederhana dan Aman

untuk pemula

Persiapan yang baik adalah 50% keberhasilan sebuah pendakian, tanpa persiapan, pendakian akan mengintimidasimu.
Mendaki gunung adalah kegiatan yang digemari oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari para pelajar sampai para ngartis, mereka berbondong-bondong melakukan perjalanan di atas gunung untuk berburu berbagai manfaat mendaki gunung, seperti melatih fisik, melihat pemandangan alam yang indah dan mempesona, kebahagiaan dll.

Namun, di balik kepopulerannya, tidak sedikit orang yang merasa kapok dan tidak mau mendaki lagi. Hal ini disebabkan karena fisik mereka yang belepotan, bukan kebahagiaan yang didapat, malah siksaan di sepanjang perjalanan, tanjakan demi tanjakan, terlihat seperti ibu tiri jahat yang sedang mengayunkan pecut.

Mungkin, ketika mendaki untuk pertama kalinya, kita semua merasakan kondisi seperti itu, seolah fisik tidak sebanding dengan track terjal sepanjang jalur pendakian. Al-hasil, kita kewalahan, kerepotan, serasa mau muntah, lutut bergetar, nyali menciut atau pulang dalam keadaan membawa luka, atau cedera. Semua ini berawal dari kurangnya persiapan.

Kita sebagai manusia, memiliki insting alami untuk belajar dari kesalahan. Bukan merasa kapok, bagi orang-orang yang sudah terlanjur mencintai ketinggian, maka mereka akan berbenah diri, membereskan hal yang tidak beres dan meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal buruk yang sudah pernah dialami. Dengan cara memaksimalkan persiapan sebelum melakukan pendakian.

Oleh sebab itu, dalam tulisan sederhana ini, kamu akan mengetahui 5 hal yang bisa kamu lakukan, beberapa hari sebelum melakukan sebuah pendakian, sebagai persiapan yang baik. Langsung di bawah ini;


Persiapan Mendaki Gunung Untuk Pendaki Pemula

1. Perbaiki Sistem Hidrasi Tubuhmu

Lewat berbagai penelitian, para ilmuan telah membuktikan bahwa dehidrasi tubuh mampu mengakibatkan terjadinya hal-hal buruk dalam sebuah pendakian, meningkatnya resiko kecelakaan akibat kurang konsen dan kehilangan fokus. Apalagi saat dihadapkan dengan track terjal dan jurang menganga di pinggiran track.

Oleh karena itu, satu minggu sebelum tanggal pendakian, perbaikilah sistem hidrasi tubuhmu dengan mempebanyak meminum air putih, terutama sebelum tidur dan saat bangun tidur, dalam satu hari, minimal kamu menghabiskan 8 gelas. Saat tiba tanggal keberangkatan, porsinya harus ditingkatkan. Hal ini dilakukan supaya tubuhmu dalam keadaan fit dan bugar, melakukan pendakian dengan fokus dan konsen penuh.

2. Perbanyaklah Asupan Nutrisi

Untuk memenuhi setiap kebutuhan nutrisi, kita hanya mengandalkan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, apakah makanan itu kaya akan kandungan karbohidrat dan protein atau malah sebaliknya, hal itu akan mempengaruhi kepada kekebalan tubuh dan ketahanan tubuh terhadap cuaca ekstrim di atas gunung.

Karenanya, satu minggu sebelum hari keberangkatan, perhatikanlah makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Usahakan untuk memakan makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi, semisal sayuran, ikan, dsbg. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tubuhmu dalam keadaan baik saat kamu berada di atas gunung sana.

3. Persiapkan Perbekalan Makanan yang Baik

Jangan pernah meremehkan soal perbekalan logistik atau makanan, tadi sudah dijelaskan bahwa makanan adalah penopang utama asupan nutrisi ke dalam tubuh kita. Sebelum mendaki, siapkanlah bekal makanan dengan sebaik mungkin, hanya membawa makanan yang bernutrisi, jangan mengandalkan mie instan, efeknya buruk untuk melakukan kegiatan berat seperti mendaki.

Untuk lebih jelas, makanan apa saja yang perlu kamu masukan ke dalam carrier, sebaiknya kamu membaca tulisan yang berjudul 9 makanan sehat dan praktis untuk mendaki gunung.

4. Lakukan Peregangan dan Pemanasan Otot

Selama ini, selama kita tidak menggunakankannya, otot dan persendian tubuh kita sedang tertidur pulas. Sebagaimana orang yang tertidur, otot pun akan merasa tegang dan kaget apabila digunakan tanpa peregangan dan pemanasan terlebih dahulu. Akibatnya, otot akan keram, kaku atau sakit ketika digunakan dalam sebuah pendakian.

Solusinya, satu minggu sebelum melakukan sebuah pendakian, hendaknya kita melakukan olah raga ringan dengan rutin, baik setiap pagi atau setiap sore. Lakukan beberapa gerakan stretching. Bila perlu, tanyakanlah gerakan-gerakan yang bagus untuk pemanasan kepada ahlinya atau baca artikel ini.

5. Lengkapilah Peralatan Pendakianmu

Saat berbicara mengenai persiapan pendakian, maka kita tidak bisa lepas dari peralatan pendakian, peralatan-peralatan yang akan menopang kenyamanan dalam sebuah pendakian, baik itu tenda, sepatu gunung, carrier dan peralatan-peralatan lainnya. Bila membutuhkan referensi, kamu bisa membaca tulisan yang berjudul 35 peralatan mendaki gunung.

Lengkapilah peralatan-peralatan itu, hal itu demi kenyamananmu dalam pendakian. Tidak harus langsung membeli, jika belum punya, kamu bisa meminjamnya kepada temanmu atau menyewanya, sekarang sudah banyak toko yang menyewakan peralatan outdoor.

Demikian adalah 5 hal yang bisa kita lakukan sebagai bentuk persiapan pendakian yang baik. Jangan pernah mengabaikannya, hindarilah antusias buta yang berlebihan. Karena terlalu semangat untuk melakukan pendakian, membayangkan keasikan dan foto yang akan didapat, kita malah lupa melakukan persiapan yang sebetulnya adalah kunci kesuksesan sebuah pendakian. Selamat mendaki, tetap hati-hati dan tetap selamat sampai rumah kembali.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.