Jalur Pendakian Gunung Guntur Via Cikahuripan


Gunung Guntur merupakan sebuah gunung berapi bertipe stratovolcano, letusan terakhirnya terjadi pada tahun 1847. Letaknya berada di Kabupaten garut, Provinsi Jawa Barat, berdekatan dengan gunung Putri, gunung Papandayan, gunung Cikuray, gunung Masigit dan gunung Parupuyan. Ketinggiannya sendiri mencapai 2.249 mdpl.

Saat mencapai puncaknya, kamu dapat melihat sebuah kawah besar nan dalam yang terbentuk oleh letusan-letusan yang terjadi di masa lampau. Begitu juga dengan medan di sekitar puncak gunung Guntur, seperti gunung-gunung berapi lainnya, didominasi oleh bebatuan dengan vegetasi cukup terbuka, hanya sedikit ditumbuhi oleh pohon Cantigi dan pohon pinus.


Jalur Pendakian Gunung Guntur Via Cikahuripan

Sementara, pendakian menuju puncak gunung Guntur bisa ditempuh melalui dua jalur, yaitu jalur Citiis yang sudah sangat populer dan jalur Cikahuripan yang baru dikenal oleh para pendaki sejak 2-3 tahun terakhir. Dalam tulisan ini, kamu akan mengetahui informasi tentang jalur pendakian gunung Guntur via Cikahuripan, langsung di bawah sini.

Rute Perjalanan

Bila datang dari arah Bandung, maka patokan awal kita adalah pom bensin Tarogong, sekitar 1,5 km sebelum bunderan Tarogong, dari sana kamu bisa naik ojek untuk sampai di basecamp pendakian jalur Kahuripan.

Sebaliknya, jika datang dari arah Ciamis, maka patokannya adalah bunderan Tarogong, sekitar 1,5 km dari sana, maka kita akan menemukan pom bensin Tarogong, dan dilanjut dengan naik ojek. Letak basecamp berada sekitar 2 jam dari SPBU Tarogong.

Atau, dari SPBU Tarogong, kamu dapat mengunjungi rumah pak Ipin terlebih dahulu yang merupakan sesepuh atau kuncen gunung Guntur. Beranjak dari rumah kang Ipin, kamu dapat menuju basecamp jalur Cikahuripan dengan nebeng mobil truk pengangkut pasir.

Awal Pendakian

Beranjak dari basecamp, kita akan melintasi jalan setapak dan pemandangan didominasi oleh ladang sayuran milik warga sekitar. Selang beberapa waktu, sekitar 2 jam, maka perjalanan akan mengantarkanmu pada sumber air bernama Cikahuripan.

Konon, sumber air Cikahuripan merupakan sumber air yang dianggap sakral oleh penduduk setempat, banyak dari mereka yang mengunjungi sumber air ini untuk melakukan ritual, membawa keinginan dan harapan, agar cepat terlaksana. Namun, kita dapat memanfaatkan sumber air tersebut untuk mengisi kembali persediaan air minum.

Setelah melewati sumber air, perjalanan berlanjut dengan medan tanah setapak, track lebih menanjak namun masih terasa landai, hingga akhirnya, kamu akan sampai di sebuah bukit dengan pemandangan yang sangat terbuka, memperlihatkan bentangan kota Garut yang luas nan indah, terlebih bila menyaksikannya di malam hari, kamu akan melihat lautan yang dihiasi oleh pernak-pernik lampu kota.

Menuju Puncak

Setelah selesai menikmati pemandangan di atas bukit, maka perjalanan menuju puncak gunung Guntur akan melewati pos 1, pos 2 dan pos 3, masing-masing perjalanan dari pos satu menuju pos lainnya, rata-rata membutuhkan waktu 1,5 jam, sebelum akhirnya kita sampai di pos 3 yang merupakan tempat ideal untuk mendirikan tenda. Sebab, jaraknya sangat dekat dengan puncak, hanya berjarak 10 menit perjalanan. Letak pos 3 sendiri berada di antara puncak 3 dan puncak 4.

Puncak Gunung Guntur

Gunung Guntur memiliki 4 puncak, kelebihan menggunakan jalur Cikahuripan adalah kita bisa langsung tembus ke puncak 4. Sedangkan apabila menggunakan jalur Citiis, maka kita harus melewati puncak 1 dan 2 terlebih dahulu.

Baca juga: 6 fakta dan misteri gunung Guntur yang angker

Tips Pendakian Gunung Guntur Via Cikahuripan

  • Sumber air hanya ada satu, yaitu sumber air Cikahuripan
  • Tempat camp ideal adalah di pos 3, hindari untuk mendirikan tenda di puncak, karena areanya yang terbuka membuat angin bertiup cukup kencang

Demikian adalah informasi tentang jalur pendakian gunung Guntur via Cikahuripan yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan salam lestari.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.