Kisah Legenda dan Misteri Gunung Wilis

kisah legenda dan misteri gunung wilis

Gunung Wilis merupakan salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di atas perbatasan antara 6 kabupaten, yaitu Kabupaten Ponorogo, Madiun, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung dan Kabupaten Kediri. Ketinggian puncaknya mencapai 2.552 mdpl.



Gunung Wilis dikenal sebagai sebuah gunung yang masih perawan, alamnya masih asri, tidak banyak pendaki yang memilih gunung Wilis untuk menghabiskan masa liburan mereka. Meski begitu, sejatinya gunung Wilis memiliki potensi pariwisata yang cukup tinggi, karena ia memiliki 2 air terjun yang sangat indah di dalam kawasannya, di antaranya adalah air terjun Dholo dan air terjun Ironggolo.

Banyak kalangan yang menuding aura mistis dan sakral yang pekat sebagai alasan kenapa gunung Wilis tidak begitu populer di kalangan para pendaki. Oleh sebab itu, dalam penelusuran yang saya lakukan tentang beberapa misteri gunung Wilis, saya menemukan beberapa misteri di dalamnya. Semuanya bisa kamu ketahui dalam rangkuman di bawah ini.


Kisah Legenda dan Misteri Gunung Wilis



1. Kisah Gunung Wilis Pada Jaman Dahulu

Pada masa penjajahan Belanda, Ki Ageng Ngaliman pernah mendirikan sebuah padepokan Sedepok di kawasan puncak gunung Wilis. Di sana beliau melatih para muridnya, termasuk pelatihan fisik, mental dan pelatihan sepiritual. Hal ini dilakukannya untuk melawan para penjajah Belanda yang telah mencapuri urusan kerajaan Surakarta.

2. Jendral Sudirman Pernah Berkunjung ke Gunung Wilis

Sebelum melakukan penyerangan menuju Yogyakarta, kabarnya Jendral Sudirman memakai gunung Wilis sebagai jalan untuk melakukan penyergapannya pada tanggal 11 Maret. Beliau melakukan pendakian dari Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

3. Gunung Wilis Dijaga Oleh Seekor Ular Berukuran Besar

Konon, kawasan gunung Wilis dijaga oleh seekor ular yang memiliki ukuran sangat besar, tak kepalang. Pada setiap hari, ular itu dengan rutin selalu menyusuri dan mengelilingi kawasan gunung Wilis, dari puncak hingga lerengnya. Namun, keberadaa ular tersebut tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, hanya orang-orang yang memiliki kemampuan khususlah yang dapat melihat penampakan sosok ular tersebut.

4. Keberadaan Sang Petapa di Goa Gunung Wilis

Sebuah goa ghaib terdapat di bawah puncak di sebelah barat, goa tersebut diapit oleh 2 buah air terjun. Konon, di depan goa tersebut terdapat sosok laki-laki berwajah hitam, menyerupai munyuk. Ia selalu terlihat sedang bersemedi di sepanjang waktu. Namun sama halnya dengan penampakan ular raksasa tadi, goa dan sang petapa hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu.

5. Kehadiran Sosok Putri Kerajaan Mataram di Kawasan Gunung Wilis

Beberapa penduduk setempat pernah melihat sosok putri kerajaan Mataram yang sedang berlalu lalang di kawasan gunung Wilis. Diketahuinya sebagai putri kerajaan Mataram karena pakaiannya memang menunjukan hal itu, ia menggunakan jarik dengan warna dasar coklat muda dan memiliki motif kain Klitik kuning gading. Dahulu pakaian tersebut hanya boleh digunakan oleh seorang putri dari kerajaan Mataram.

6. Pendakian Gunung Wilis

Sejatinya puncak gunung Wilis dapat digapai dari segala arah, di antaranya adalah dari sebelah timur, bisa dimulai dari Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Sebelah selatan, bisa dimulai dari Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Sebelah utara, bisa dimulai dari Kabupaten Nganjuk dan sebelah barat, pendakian bisa dimulai dari Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo.

7. Pemandangan yang Disajikan di Gunung Wilis

Mungkin kata 'aduhai' dapat sedikit menggambarkan betapa indahnya pemandangan alam yang bisa kamu temui di kawasan gunung Wilis, hutan yang masih asri, jalur pendakian yang belum dikotori sampah dan alam yang masih perawan adalah serangkaian kecil tentang gambaran gunung Wilis.



Baca juga;


Demikian adalah rangkaian informasi tentang fakta, jalur pendakian, kisah legenda dan misteri gunung Wilis. Bila kamu merasa teman-teman dekatmu butuh informasi ini, jangan sungkan untuk membagikan tulisan ini di berbagai sosial media kesayanganmu. Caranya mudah, yakni dengan menekan tombol sosmed yang telah saya siapkan di bawah tulisan ini.

Sumber gambar: https://sobatmabar.blogspot.co.id
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.