10 Aplikasi Android yang Akan Membantumu Saat Mendaki Gunung

aplikasi android untuk menjelajah hutan

Teknologi semakin canggih, setiap aspek kehidupan semakin terasa mudah dibuatnya. Seperti itu pula kehadiran smartphone, tak diragukan lagi, ribuan aplikasinya seringkali berguna dan memberikan kemudahan untuk kita semua, termasuk para pendaki gunung.
Dalam artikel yang sedang kamu baca ini, Basecamp Para Pendaki akan memberitahumu tentang 10 aplikasi android yang akan membantumu saat mendaki gunung. Aplikasi apa saja itu?. Ini dia,

1. Panduan Mendaki Gunung
Tampilannya sih simpel, tapi manfaatnya sangat banyak. Setelah kamu meng-instal aplikasi ini di androidmu, maka aplikasi ini akan memberitahumu tentang informasi berbagai gunung, perlengkapan mendaki, persiapan mendaki, jalur pendakian di beberapa gunung, dll. Maka, tidak heran apabila ribuan pendaki sudah men-download aplikasi Panduan Mendaki Gunung.
Satu-satunya kekurangan aplikasi yang dirancang oleh Muhamad Supenda Griana ini adalah terbatasnya jumlah gunung yang ada pada menu informasi, yakni hanya gunung-gunung yang terletak di pulau Jawa saja. Kita harap, semoga sang perancang segera meng-upgrade-nya supaya informasinya lebih lengkap.
2. Kompas


kompasSumber Foto: Ruang Komputer
Karena kompas termasuk survival kit, maka kompas adalah perlengkapan wajib bagi pendaki gunung, fungsinya sebagai alat navigasi darat, kompas akan menuntunmu pada jalur pendakian yang benar. Namun, bagaimana jika kompasmu tertinggal?.
Tidak perlu khawatir, sekarang banyak sekali aplikasi kompas dengan berbagai variasi, kamu tinggal pilih dan mendownloadnya langsung di Play Store. Jangan lupa pula, pilihlah aplikasi kompas yang bisa dijalankan dalam mode ofline.
3. Altimeter

Terlebih dahulu, mari kita bahas apa itu altimeter?, menurut Wikipedia, altimeter adalah sebuah alat untuk mengukur titik ketinggian dari permukaan laut. Alat ini banyak digunakan untuk kebutuhan navigasi penerbangan, pendakian gunung atau semua kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian.
Kebayangkan bagaimana manfaatnya?, kamu bisa mengetahui ketinggian gunung yang kamu daki, tanpa repot-repot browsing di internet. So, gak ada alesan deh buat kamu untuk tidak men-download-nya.
4. Prakiraan Cuaca
Dalam sebuah artikel yang pernah saya tulis, kondisi cuaca adalah hal yang harus benar-benar diperkirakan sebelum kamu melakukan sebuah pendakian. Jangan sampai kejadian, terjadi hujan lebat di atas gunung, padahal kamu tidak membawa jas hujan dan cover bag. Basah kuyup deh jadinya.
Oleh sebab itu, kamu kudu punya aplikasi prakiraan cuaca di smartphone kamu, meskipun tidak 100% tepat, setidaknya kamu punya bayangan tentang cuaca di gunung yang akan kamu daki pada hari pendakianmu.
5. PMI - First Aid

Pada tahun 2014, PMI (Palang Merah Indonesia) resmi meluncurkan sebuah aplikasi android bernama PMI - First Aid. Karena saat itu saya penasaran, bagaimana sih manfaat dan kegunaan aplikasi ini, maka saya langsung mengunduhnya.
Setelah meng-instalnya, saya pun terkesima dengan tampilannya yang sangat user friendly, kegunaannya banyak dan petunjuk untuk melakukan penolongan pertama pun sangat mudah kita pahami, karena selain bahasanya yang ringan, ada pula gambar ilustrasi yang membuat kita semakin mudah untuk memahami cara melakukan penolongan pertama pada kecelakaan.
Aplikasi ini akan sangat membantu sekali apabila dalam sebuah pendakian, kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, seperti saat kamu cedra, kambuhnya suatu penyakit, terkena luka bakar, dll. Bukan mendo'akan, tapi aplikasi ini wajib kamu instal di smartphone kesayanganmu.
6. SAS Survival Guide
Tersesat di hutan rimba belantara adalah salah satu resiko mendaki gunung, oleh sebab itu, setiap pendaki gunung dituntut untuk terus belajar survival skill atau kemampuan bertahan hidup di tengah hutan belantara.
Selain itu, kamu boleh banget kok mengunduh aplikasi SAS Survival Guide, sebuah aplikasi yang dibuat oleh mantan tentara SAS dan instruktur, John “Lofty” Wiseman yang berguna sebagai panduan terbaik untuk bertahan hidup saat kamu tersesat di tengah pendakian.
7. LED Torch
led torch
Sumber Foto: Bluetripper

Bagi seorang pendaki gunung yang tengah melakukan pendakian di dalam rimba pada malam hari, senter, headlamp atau alat penerangan lainnya itu ibarat nyawa, tanpa penerangan, kamu bisa saja salah memilih tempat pijakan yang mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, bagaimana jika kamu lupa membawa alat penerangan?.

Sebagai alternatif, tampaknya kamu harus mendownload aplikasi LED Torch di smartphone-mu. Banyak sekali aplikasi LED Torch yang tersedia di playstore, pilihlah aplikasi LED Torch yang paling terang, bagus dan paling nyaman digunakan.
8. Music Player
Terkadang, mendengarkan lagu kesayangan bisa menghilangkan sedikit rasa lelahmu di tengah pendakian dan menambah suasana anggun di atas gunung sana. Karenanya kamu harus punya tuh aplikasi kesayangan pemutar musik di smartphone-mu. Kalau saya sendiri sih Joox.
9. Games
Kadang-kadang, dalam sebuah pendakian, kita terjebak dalam sebuah situasi yang tidak bisa ngapa-ngapain, hanya termenung di dalam tenda sendirian. Mau ngemil, cemilan sudah ludes. Mau ngobrol, teman-teman sudah pada tidur. Mau keluar, hujan deras. Internetan, gak ada sinyal. Mau tidur, malah melek terus, belum ngantuk. Akhirnya kamu bengong sendiri sambil mainin upil. Kan gak seru kalau gitu.
Solusinya adalah game yang bisa dimainkan saat mode ofline, banyak banget kan di playstore, dari petualangan, tebak-tebakan, teka-teki dan masih banyak yang lainnya.

10. Muncak App

muncak app
Sumber Foto: Jangan Lupa Bahagia

Buat kamu yang cinta karya anak bangsa, Muncak App adalah aplikasi keren buatan pemuda Indonesia yang memudahkan para pendaki untuk berbagi pengalaman serta mencari teman pendakian. Fungsinya seperti forum, namun ini lebih istimewah vroh.


Aplikasi ini bisa kamu download dengan cuma-cuma, alias gratis, di Playstore. Meskipun kami masih menemukan beberapa kekurangan, seperti bugs dll, tapi aplikasi ini boleh banget ko kamu coba.
Demikian adalah 10 aplikasi yang bisa membantu saat kamu berada dalam pendakian yang bisa kami sampaikan. Sampai jumpa di puncak.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.