15 Fakta Gunung Prau yang Belum Banyak Diketahui

fakta gunung prau yang belum banyak diketahui

Sumber Foto: Phinemo

Karena bentuknya yang memanjang, gunung Prau, Dieng terletak di 5 kabupaten, yaitu, kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Temanggung.



Akhir-akhir ini, para pendaki gunung beramai-ramai menikmati keindahan gunung Prau, hal ini disebabkan karena gunung Prau terkenal dengan track-nya yang landai, meskipun gunung Prau sendiri bukanlah gunung pendek. Gunung Prau cocok sekali untuk pendaki pemula.



15 Fakta Gunung Prau yang Banyak Diketahui

Nah, pada artikel yang sedang kamu baca ini, Basecamp Para Pendaki bakalan ngasih tau kamu tentang 15 fakta gunung Prau yang belum banyak diketahui. Silakan disimak aja bang :D





1. Banyak Wisatawan yang Tidak Sampai ke Puncak Tertinggi Gunung Prau

Dari ribuan wisatawan yang datang, ternyata hanya sebagian kecil saja yang mendaki gunung Prau sampai ke puncaknya. Ini disebabkan karena orang-orang yang datang ke Prau bukan hanya pendaki gunung saja, fotografer dan wisatawan biasa pun ikut meramaikan dalam perburuan keindahan alam gunung Prau.


2. Ternyata Gunung Prau Memiliki Ketinggian 2.590 mdpl?

Kebanyakan pendaki mengira bahwa gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Kamu juga?. Padahal ketinggian puncak tertinggi gunung Prau adalah 2.590 mdpl. Sedangkan 2.565 mdpl adalah ketinggian lokasi camping ground. Baru taukan?



3. Di Gunung Prau, Terdapat Kristal Es

pemandangan gunung prau

Sumber Foto: Revoluside

Saat musim kemarau melanda dan suhu udara pun mencapai titik terendah, kamu bisa menemukan banyak kristal es di Prau yang menempel pada permukaan tanah. Tuh esnya sudah sedia, kamu tinggal bawa Nutri Sari-nya deh *Jangan kira ini iklan.


4. Ternyata Gunung Prau Sering Diacuhkan Oleh Pendaki Gunung Prau Sendiri

75% para pendaki yang sedang menjamahi gunung Prau lebih sibuk memotret dan mengambil gambar gunung Sindoro dan gunung Sumbing dibanding memotret gunung Prau sendiri. Kasian juga ya, rasanya tuh kaya mendaki bareng sama orang pacaran *Cenat-cenut sadis gimana gitu!



5. Pemandangan di Puncak Gunung Prau

pemdangan di puncak gunung prau

Sumber Foto: Ransel Tua

Saat kamu berada di puncak Prau dan cuaca sedang cerah banget, kamu akan disuguhi dengan pemandangan 5 gunung sekaligus di arah timur, yakni gunung Sindoro, gunung Sumbing, gunung Merapi, gunung Merbabu dan gunung Lawu. Sedangkan di arah barat ada gunung Slamet yang lagi sepi sendirian, kaya aku. *eh


6. Kehadiran Bunga Edelweis di Gunung Prau

Banyak pendaki yang tidak tahu kalau di gunung Prau terdapat bunga Edelweis. Meskipun berulang kali mendaki gunung Prau, kebanyakan pendaki tidak pernah bertemu dengan bunga abadi. Tapi faktanya menyebutkan bahwa para petani setempat mengaku melakukan pembudidayaan Edelweis di gunung Prau.


7. Di Gunung Prau, Kamu Bisa Jalan-Jalan ke 5 Kabupaten Dalam Waktu Singkat

Apabila kamu memutari menara yang berada di gunung Prau, maka kamu sudah menapakan kakimu di 5 kabupaten, yakni, Kabupaten Kendal, Banjarnegara, Wonosobo, Batang, dan Temanggung. Asik gak tuh?.



8. Sering Terdengar Suara Rintihan Halus di Sekitar Menara

Weits, jangan merinding dulu, suara rintihan halus atau suara lirih itu bukan berasal dari makhlug ghaib, jin, makhluk halus atau apapun itu. Melainkan, suara lirih tersebut berasal dari suara menara yang mudah terdengar pada malam hari, saat udara beku dan tidak  berangin.



9. Gunung Prau Rutin Ditutup Pada Awal Tahun

Hal ini adalah jawaban kenapa jumlah pendaki di Prau selalu meningkat tajam pada akhir tahun, terutama pada tahun baru. Pasalnya, semua jalur pendakian gunung Prau rutin ditutup pada 5 Januari hingga 5 April. Penutupan ini bertujuan untuk memulihkan ekosistem alam di Prau.



10. Gunung Prau Bukanlah Kawasan Konservasi

Nyatanya, Prau adalah hutan lindung yang dikelola oleh PT Perhutani. So, saat kamu mau mendaki gunung Prau, bukan SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) lah yang kamu beli, melainkan tiket masuk.


11. Gunung Prau Memiliki 8 Jalur Pendakian

Sampai saat ini, catatan menyebutkan bahwa gunung Prau memiliki 8 jalur pendakian. 6 jalur dibuka untuk umum dan 2 jalur hanya terbuka untuk kalangan tertentu, termasuk penduduk setempat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian gunung Prau, Dieng.


12. Orang Awam Sering Menggap Bahwa Prau adalah Tangkuban Perahu atau Gunung Dieng

Mungkin karena nama "Prau" yang diambil dari kata "Perahu", kebanyakan dari orang awam mengira bahwa yang dimaksud gunung Prau adalah gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat. Dan sebagian lagi menyebut gunung Prau dengan sebutan gunung Dieng. Ada-ada aja ya mereka?.



13. Sedikit Sekali Pendaki yang Menyaksikan Matahari Terbit di Prau, Padahal Sunset di Prau Indah Juga Lho

Hampir semua pendaki melakukan pendakian di gunung Prau pada malam hari dengan tujuan berburu matahari terbit. Namun siapa sangka, menyaksikan matahari terbenam di Prau bisa juga menghilangkan rasa penatmu lho.


14. Gunung Prau Pernah Dijadikan Tempat Shooting Video Clip Oleh Beberapa Band di Tanah Air

2 band di antaranya adalah band Parahyenda asal Bandung dan band Brother of Smoke, sebuah band lokal dari Wonosobo. Mereka membawa gitar dan drum ke sekitaran area camping ground Gunung Prau. Hal ini mengartikan bahwa pemandangan gunung Prau memang luarbiasa kecenya.



15. Banyak Pendaki yang Menyebut Gunung Prau Sebagai Tempat Sunrise Terindah di Asia Tenggara

pemandangan matahari terbenam di gunung prau

Sumber Gambar: Bintang

Bukan tanpa alasan, pernyataan ini diambil dari pengalaman para pendaki gunung yang pernah menjamahi gunung Prau. Saat mereka di tanya, gunung mana yang menyajikan pemandangan sunrise ter-indah?, mereka selalu menjawabnya "Gunung Prau".



Demikian adalah 15 fakta gunung Prau yang belum banyak diketahui. Menarik bukan?, jika menurutmu artikel ini menarik, bantu saya dengan membagikan artikel ini di sosmed kesayanganmu. Caranya gampang, tinggal klik aja tombol share di bawah ini.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.