8 Misteri Gunung Slamet yang Bisa Membelah Pulau Jawa

jika gunung slamet meletus pulau jawa akan terbelah

Misteri gunung Slamet, sebuah gunung yang terletak di Jawa Tengah dan mendapatkan gelar sebagai gunung tertinggi di provinsi tersebut, akan kamu ketahui apabila kamu membaca tulisan ini sampai selesai.



Mari kita menyatroni misteri gunung Slamet mulai dari;

1. Sejarah Penamaan Gunung Slamet

Sebagian ahli sejarah mengatakan bahwa nama "Slamet" diambil dari bahasa Arab dan sebagian lagi berujar bahwa nama ini diambil dari bahasa Jawa. Perbedaan ini bukanlah masalah besar, karena kata Slamet akan tetap bermakna keselamatan, baik saat diambil dari bahasa Jawa ataupun bahasa Arab.

Gunung Slamet adalah gunung keselamatan karena, meskipun gunung ini aktif, namun tidak pernah meletus dalam sekala besar dan membahayakan manusia. Terakhir gunung ini meletus yakni pada bulan Mei 1999.

2. Misteri Gunung Slamet Jika Meletus Pulau Jawa Terbelah Dua



Menurut buku ramalan Sri Aji Joyoboyo yang ditulis pada abad 12 menyebutkan apabila gunung Slamet meletus, maka pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian.

Bukan tanpa perhitungan, apabila kamu memperhatikan letak gunung Slamet yang berada di 5 kabupaten, yakni kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan kabupaten Pemalang, maka gunung Slamet membentuk garis lurus dari selatan ke utara. Jadi, bukan hal yang mustahil bila sesuatu yang disebutkan dalam buku ramalan Sri Aji Joyoboyo itu akan terjadi. Kita berharap semoga ramalan itu salah.

3. Keberadaan Gerbang Menuju Dunia Ghaib

Kabarnya, di gunung Slamet terdapat gerbang menuju kerajaan jin yang berada di jalur pendakian Bambangan. Tepatnya, diantara dua pohon besar yang berada di tengah-tengah jalur pendakian Bambangan.

4. Kehadiran Pasar Hantu

Seperti halnya pasar setan dalam misteri gunung Lawu, gunung Slamet pun dipercaya sebagai tempat kehadiran pasar hantu. Sebuah pasar yang tidak terlihat oleh kasat mata dan suaranya kadang terdengar berisik sekali.

Pasalnya, banyak kalangan pendaki gunung yang mengaku pernah mengalami hal aneh yang merujuk kepada keberadaan pasar hantu di gunung Slamet. Termasuk Bagas.


Saat mendaki gunung Slamet, saya pernah memasuki sebuah pasar, seperti nyata, bahkan saya sempat membeli tempe mendoan dan arem-arem. Namun saya kaget saat teman-teman pendakian mengisahkan bahwa saat itu saya hilang dan mereka mencari saya selama 3 jam. Ujar Bagas, mengenang pengalamnnya saat mendaki gunung Slamet.

5. Misteri Puncak Surono

Surono sendiri adalah nama dari puncak gunung Slamet. Konon, menurut warga sekitar, nama itu diambil dari nama seseorang yang dulu meninggal di puncak Slamet karena terjatuh ke jurang. Sebagai penghormatan, bahkan di puncak itu terdapat tugu memoriam Surono. Saya sendiri tidak tahu kenapa mendiang Surono begitu dihormati.

6. Misteri Pos Samarantau

Saat kamu mendaki Slamet lewat jalur pendakian Bambangan, jangan pernah berfikir untuk mendirikan tenda di pos Samarantau atau pos 4. Kenapa?,

Konon, pos ini sangat angker, seperti namanya "Pos Samarantau" yang artinya "Samar Hantu". Tempat makhluk ghaib yang senang mengganggu manusia yang samar-samar menyerupai perwujudan manusia.

7. Misteri Air Terjun Guci

Ini yang paling sadis, air terjun Guci merupakan objek wisata populer yang berada di lereng gunung Slamet yang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya siluman naga Cerek.

Sekaligus, air terjun Guci ini sering dijadikan tempat pesugihan dengan mengorbankan nyawa keluarganya sendiri oleh orang-orang yang ingin kaya lewat jalan pintas.

8. Kehadiran Orang Kerdil di Jalur Pendakian Guci

Menurut beberapa nara sumber, ada kisah yang menceritakan bahwa dahulu ada seorang pendaki gunung Slamet yang tersesat di sana dan tidak bisa kembali turun. Supaya bertahan hidup, pendaki tersebut mengikuti tingkah binatang dan memakan dedaunan di sana.

Sangking lamanya bertingkah seperti binatang, dia kehilangan jati dirinya sebagai manusia dan wujudnya berubah menjadi manusia kerdil. Konon, manusia kerdil ini bertempat di jalur pendakian Guci.

Dia sangat takut akan keberadaan manusia, setiap manusia datang dia akan sembunyi masuk dalam rimbunnya hutan.



Demikian adalah serentetan misteri gunung Slamet. Menurutmu, apakah misteri-misteri di atas bisa membuatmu percaya?, terserah. Hal terpenting adalah sikap dewasa kita dalam menyikapi sebuah misteri dengan bertindak sopan saat mendaki gunung Slamet

Sumber gambar: www.infoslamet.com
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.