12 Misteri Gunung Salak yang Harus Kamu Tahu

misteri gunung salak

Pendaki gunung mana yang tidak mengenal gunung Salak?, selain pemandangannya yang masih alami, gunung yang masuk dalam jajaran 9 gunung tertinggi di Jawa Barat ini sangat dikenal karena kekentalan mistis yang menyelimuti dirinya.



Kata pendaki lain, gunung Salak adalah salah satu gunung yang menyimpan banyak misteri. Misteri apa saja itu?, inilah 12 misteri gunung Salak yang sudah saya rangkum;



1. Banyak Arwah Gentayangan di Kawah Ratu dan Curug Seribu

Di kawasan gunung Salak, ada 2 destinasi wisata yang dikenal cukup angker, yakni kawah Ratu dan curug Seribu, penduduk di sana berpendapat bahwa di kedua tempat itu terdapat banyak arwah-arwah gentayangan. Dahulu, arwah-arwah itu adalah orang-orang yang meninggal karena menghirup racun belerang di kawah Ratu dan tenggelam di curug Seribu.

2. Suara Gamelan yang Sering Terdengar di Gunung Salak

Banyak pendaki gunung mengaku bahwa mereka dengan jelas mendengar suara gamelan saat melakukan pendakian di sana. Namun, saat mereka mendekati sumber suara itu, suara gamelan akan semakin jauh dan semakin masuk ke dalam rimbunan hutan. Apa kamu pernah mengalaminya?.

3. Pasar Setan di Puncak Gunung Salak

Seperti misteri gunung Lawu, masyarakat sekitar percaya, bahwa di puncak gunung Salak terdapat pasar ghaib. Kepercayaan ini semakin kuat saat ada pendaki gunung yang mengaku pernah mendengar suara bising, seperti pasar, saat mereka bermalam di puncak Salak.

4. Tentang Penampakan Nenek Tua

Kemarin dulu, ada seorang pendaki bercerita tentang pertemuannya dengan nenek tua, mungkin berumur 80 tahunan, di sisi tebing gunung Salak. Nenek itu memanjat ke atas tebing yang mungkin anak muda pun tidak bisa melakukan itu. Dia bebicara kepada nenek itu "Awas nek tebingnya curam", sambil menengok dengan tatapan seram nenek itu menjawab "Saya tinggal di sini de, saya senang kalo malam di sini rame, banyak orang memberi makanan kepada saya". Selang beberapa waktu, nenek itu pun menghilang entah ke mana.

5. Tentang Binatang Ghaib

Bagi penduduk yang bertempat tinggal di kaki gunung Salak, bukan hal aneh bila melihat binatang-binatang aneh, misalnya, Babi Hutan burukuran raksasa, Ular Kuda Emas atau Macan ghaib yang dipercaya merupakan jelmaan Prabu Siliwangi.

6. Misteri Puncak Manik

Manik adalah salah satu nama puncak dari 4 puncak gunung Salak, puncak Manik dipercaya sebagai kawasan kerajaan ghaib Padjadjaran. Di tempat ini sering terjadi kejadian-kejadian janggal, semisal kabut tebal yang sering muncul tiba-tiba atau angin besar yang berhembus tak tentu arah.

Puncak Manik pun dipercaya sebagai tempatnya makhluk ghaib berkumpul. Lebih seram, di puncak Manik terdapat makam keramat yang kerap kedapatan mengeluarkan asap.

7. Banyak Pendaki yang Menghilang di Gunung Salak

Jika kamu mengikuti setiap berita tentang pendaki yang hilang, maka kamu akan sering mendengar gunung Salak. Sebab, bukan rahasia lagi, kalau setiap tahun ada saja pendaki gunung yang raib saat mendaki di gunung ini.

8. Pantangan Memetik Bunga Anggrek

Penduduk sekitar selalu mengingatkan kepada para pendaki yang hendak menyatroni gunung Salak supaya mereka tidak memetik bunga Anggrek. Pasalnya, mereka percaya, jika kamu memetik bunga Anggrek, maka kamu akan kehilangan arah, alias tersesat dan hanya berjalan memutar-mutar. Seram juga kan?, jangan memetik bunga Anggrek di gunung Salak!.

9. Jeritan Wanita Me-Mintai Tolong

Saat melakukan penyelamatan ketika pesawat Sukhoi terjatuh, seorang anggota tim SAR, Briptu Agus Supriatna sempat mengalami hal janggal. Dia bercerita;


Saat kami menuju lokasi, suasana sangat tenang, bahkan tidak terdengar kicauan burung atau suara binatang lainnya. Tapi, saat kami istirahat, saya mendengar suara perempuan yang sedang minta tolong dengan jelas "tolong pak tolong" katanya.

10. Mimpi Massal Diajak Kencan Oleh Wanita Cantik

Selain cerita dari Briptu Agus Supriatna di atas. Dalam penyelamatan kapal Sukhoi, tim SAR mengalami kisah janggal lainnya, yakni banyak di antara mereka bermimpi tentang hal yang sama, mereka bermimpi didatangi wanita cantik untuk mengajak mereka ke puncak, setelah dipuncak, mereka diajak berhubungan badan oleh wanita tersebut.

11. Penguasa Ghaib di Beberapa Kawasan Gunung Salak

Penduduk kaki gunung mempercayai bahwa beberapa kawasan di gunung Salak itu ada penunggunya atau penguasanya dari makhluk ghaib. Berikut adalah cuplikannya;

Bagian kaki gunung Salak; Ki Baping Mayit
Puncak 4; Sesosok nenek yang sering menampakan diri di puncak 4 pada jam 09:00 dan 12:00
Puncak 3; Eyang Sarean, keturunan Cirebon
Puncak 2; Eyang Mahaprabu Siliwangi
Puncak 1; Mbah Hasan bin KH.Bahyudin bin Pangeran Natamanggala, Bin Pangeran Wirasuta (Suta Jaya) Kuningan
Kawasan jatuhnya kapal sukhoi; Mbah Jangkung

12. Beberapa Cerita Dari Pendaki yang Pernah Mengalami Kejadian Aneh di Sana


Saya pernah mendaki gunung Salak, waktu itu saya cuma berdua. Kalau tidak salah, sekitar jam sepuluh malam, saya mendengar dengan jelas suara orang yang menggeram keras. Sedangkan teman saya mendengar suara air yang seperti sengaja dijatuhkan dengan keras "Biuuuur". Waktu itu saya sengaja tidak membicarakan hal tersebut, takutnya bila satu ketakutan, pasti yang satu ikut takut. Kami membicarakan kejadian itu setelah kami kembali ke Jakarta. -Wahyu

Saya pernah melakukan pendakian ke gunung Salak hanya sampai ke Kawah Ratu. Saat itu, pulang kesorean, di tengah-tengah perjalanan, kami melihat cahaya terang seperti lampu bohlam, padahal kami masih jauh dari pemukiman warga. Setelah bercerita, orang-orang di sana mengatakan bahwa kalau kami ikuti, cahaya itu akan mengantarkan kami ke tebing yang curam. -Eko



Demikian adalah 12 misteri gunung Salak. Bagaimana?, apakah menurutmu menyeramkan?, maka jagalah prilakumu dan bertindak sopanlah saat kamu melakukan pendakian di gunung Salak.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.