8 Gunung Dengan Jalur Pendakian Paling Ekstrim di Indonesia

jalur pendakian oaling ekstrim di indonesia

Indonesia adalah negara dengan ribuan gunung di dalamnya, dari Sabang sampai Meroke, menurutmu gunung apa yang memiliki jalur pendakian paling ekstrim dan sadis?, Semeru, Dieng, Salak atau Rinjani?. Dari pada pusing cuma tebak-tebakan, lebih baik kamu cek 8 gunung dengan jalur pendakian paling ekstrim di Indonesia ini;



8. Jalur Pendakian Gunung Arjuno Via Lawang

Jalur yang satu ini dipenuhi dengan barisan pohon Cemara yang konon, pohon-pohon cemara itu bisa membuat orang-orang yang melewatinya menjadi lupa diri, tak terkendali bahkan tersesat. Karenanya kawasan pohon-pohon ini disebut-sebut sebagai hutan Lali Jiwo (hutan lupa diri).

Sedikit saran saya, saat kamu melewati hutan Lali Jiwo jangan lupa untuk selalu berpegang teguh kepada keyakinan, jangan malah pegang tangan pacar orang. Bahaya!.

7. Jalur Pendakian Gunung Raung Via Kalibiru



Bila lewat Kalibiru, sepertinya, pendakianmu menuju puncak sejati gunung Raung akan lebih mendebarkan dibanding perjalanan Japran dan Ian saat menuju puncak Mahameru. Sebab, di jalur ini kamu akan bertemu dengan jembatan "Sirotol Mustaqim" yang berada di punggungan gunung Raung.

Hati-hati!, kiri dan kanan pada jembatan ini berupa jurang yang dalam dan curam, kamu hanya bisa mengandalkan seutas tali untuk mempertaruhkan nyawa.

6. Belantara Gunung Leuser

Mungkin saat mendaki gunung Leuser, kamu tidak akan menemui kesadisan dan kekejaman track terjal, karna bukan itu yang membuat pendakian di gunung Leuser begitu ekstrim. Lantas, apa?.

Ke-ekstriman pendakian gunung Leuser terletak pada belantara hutannya yang sangat lebat dan masih dihuni oleh beberapa hewan buas. Mungkin saja seekor Harimau bertamu ke tendamu di malam hari. Hal itu yang dirasakan oleh seorang teman pendaki, "sangat menegangkan, jantung seperti hendak copot", katanya.

5. Pendakian Gunung Lawu Lewat Jalur Candi Cetho

Mendaki gunung Lawu lewat candi Cetho memang pendek dan tak akan memakan waktu lama, namun kehadiran pasar setan adalah jawaban nyata kenapa saya memasukan jalur ini ke dalam artikel yang sedang kamu baca ini. Banyak pendaki gunung yang mendengar suara bising seperti berada di pasar saat melewati lereng gunung Lawu, sebuah tempat yang ditumbuhi rumput ilalang.

Selain itu, tanjakan-tanjakan di jalur ini sangat terjal, jurang curam menganga di pinggiran track, kabut tebal sering turun membuat jarak pandang menjadi begitu pendek dan memperbesar resiko tersesat. Serta kepercayaan yang mengatakan bahwa jalur ini adalah perlintasan alam ghaib dan kehadiran pasar setan.

Baca juga: misteri gunung Lawu

4. Pendakian di Gunung Latimojong

Bila kamu pernah menapakkan kaki di puncak Rante Mario, pasti kamu tidak pernah lupa kepada jalurnya yang berat, terjal, berliku, melelahkan dan menyiksa. Butuh tenaga dan kesabaran ekstra supaya bisa menikmati keindahan alam yang disajikan oleh puncak Rante Mario (nama puncak paling tinggi di antara 8 puncak gunung Latimojong).

3. Pendakian Gunung Binaya

Gunung tertinggi di Maluku ini memang tidak sepopuler Rinjani, namun, buat kamu pecinta tantangan. Gunung ini sangat layak masuk dalam list gunung yang harus kamu jamahi.

Pasalnya, track pendakian di gunung Bianaya akan menguras tenaga dan instingmu. Selain jalurnya yang panjang, kamu juga harus menyusuri sungai dan melewati hutan yang diisi dengan pohon-pohon besar yang berlumut. Saat menyusuri sungai, ketelitian dalam memilih pijakan adalah hal mutlak kamu butuhkan.

2. Pendakian Bukit Raya di Kalimantan

Mungkin ketinggiannya di angka 2278 mdpl, tapi jangan pernah samakan gunung ini dengan Papandayan, Jawa Barat. Saat mendaki gunung ini, kamu akan dipaksa memanjat bahkan merangkak ketika perjalananmu dihadang oleh hutan hujan tropis yang rimbun, tanah yang lembab, pohon-pohon tumbang, lumpur, semak belukar serta aliran sungai-sungai kecil.

Lebih kejam lagi, keadaan tanah lembab dan banyak sungai-sungai kecil, menjadikannya sempurna sebagai tempat berkembang biaknya segerombolan Pacet.

1. Pendakian Gunung Cartenz Pyramid

Sejenak berhenti membaca!, apa yang kamu pikirkan tentang pendakian di gunung Jaya Wijaya?. Gunung tertinggi di Indonesia, salju, cuaca ekstrim, kedinginan, track sangat terjal dan biaya yang mahal. Jadi, sebuah kesalahan bila saya tidak menyimpan gunung Cartenz di nomor 1 dalam jajaran gunung dengan jalur pendakian paling ekstrim di Indonesia ini.



Bagaimana?, ada dua pilihan setelah kamu membaca. Lebih penasaran untuk mendaki gunung-gunung itu atau takut dan diam di rumah. Pilih mana?.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.