Daftar Harga Peralatan Mendaki Gunung (Alat Camping Lengkap)

daftar harga perlatan mendaki gunung

Tidak seperti hobi lainnya, kegiatan mendaki gunung mewajibkan kita untuk membawa barang bawaan yang cukup banyak, selain diharuskan membawa perbekalan logistik dan sejumlah uang, kita pun harus membawa macam-macam perlengkapan mendaki gunung dan umumnya memiliki harga yang tidak murah. Sebab, peralatan-peralatan tersebut diharapkan mampu meminimalisir setiap resiko dalam sebuah pendakian.



Umumnya saat pertama kali mendaki gunung, kita mengandalkan jasa sewa peralatan outdoor. Namun, seiring berjalannya waktu, saat benar-benar mendalami hobi berpetualang di atas ketinggian, kita mulai berfikir untuk membeli peralatan mendaki gunung, sedikit demi sedikit, kita menabung untuk melengkapinya.

Berbarengan dengan keinginan tersebut, ada banyak pertanyaan yang melintas di dalam pikiranmu. Berapakah uang yang akan dihabiskan untuk melengkapi peralatan pendakian?, apakah harganya selangit?, atau dimanakah tempat membeli peralatan tersebut?.


Daftar Harga Peralatan Mendaki Gunung (Alat Camping Lengkap)



Nah, dalam tulisan ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan membuat daftar harga peralatan mendaki gunung, kisaran termahal dan termurah pada masing-masing barang, sehingga kamu dapat memperkirakan jumlah total uang untuk membeli alat camping secara keseluruhan. Berikut di bawah ini.


Harga Peralatan Mendaki Gunung Untuk Pribadi

1. Hammock (Tempat Tidur Gantung)

Kita dapat memanfaatkan hammock untuk bersantai sambil menikmati pemandangan indah di atas gunung, cara pemakaiannya yaitu dengan mengikatkan setiap tali ujungnya pada pepohonan. Sampai saat ini, kegiatan Meng-hammock sangat diidolakan oleh sebagian para pendaki (termasuk saya), mereka menyebut diri mereka sebagai hemmockers.

Harga hammock: Rp. 75.000 - Rp. 400.000

2. Sleeping Bag

Melindungi kita dari angin malam yang sangat dingin di atas gunung, sleeping bag digunakan dengan memasukan tubuh kita ke dalamnya. Dijamin bakalan membuat tidurmu di atas gunung terasa sangat nyaman dan hangat. Bahannya bervariasi, sebagian menggunakan bahan parasut dan sebagian lagi menggunakan bahan kain berbulu.

Harga sleeping bag: Rp. 100.000 - Rp. 300.000

3. Matras Camping

Saat kegiatan beristirahat di atas gunung, matras berperan sebagai alas untuk melapisi tanah agar lebih rata dan empuk. Lagipula, saat membawanya, matras tidak akan menambah beban terlalu berat dan tidak memakan banyak ruang di dalam carrier-mu. Tidak ada salahnya bila kamu selalu membawa matras dalam pendakianmu.

Harga matras: Rp. 40.000 - Rp. 100.000

4. Lampu Tenda

Setelah mendirikan tenda, kegiatan-kegiatan selanjutnya pasti akan membutuhkan lampu yang bisa digantung dan memberikan penerangan secara menyeluruh. Termasuk di dalamnya adalah masak, main kartu atau nge-gosip sekalipun. Oleh karenanya, selain membawa headlamp, kita pun harus membawa lampu tenda.

Harga lampu tenda: Rp. 30.000 - Rp. 90.000

5. Headlamp

Sama-sama lampu, namun kegunaannya berbeda dengan lampu tenda. Headlamp akan sangat berguna saat kita melakukan pendakian di malam hari, menerangi jalur pendakian agar tidak salah saat memilih pijakan. Cara pemakaiannya sangat simpel, yakni dengan mengikatkannya pada kepala.

Harga headlamp: Rp. 35.000 - Rp. 275.000

6. Tas Carrier

Tanpa carrier pendakianmu akan berubah menjadi siksaan, mungkin kamu dapat membayangkan bagaimana melakukan pendakian tanpa membawa carrier, akan sangat repot dan menyiksa. Oleh karenanya, carrier adalah salah satu barang wajib saat melakukan pendakian. Manfaatnya?, mungkin kamu sudah tahu.

Selain harga, carrier memiliki banyak sekali variasi, baik itu merk, kualitas, bahan, kekuatan, ukuran atau model. Oleh karenanya, diperlukan ketelitian saat hendak membeli carrier.

Harga carrier: Rp. 200.000 - Rp. 2.000.000

7. Daypack

Berbeda dengan carrier, daypack memiliki ukuran yang lebih kecil, manfaatnya akan sangat terasa saat melakukan summit atack atau pendakian tek-tok (tanpa bermalam). Saat menggunakannya, keahlian dalam mengepak barang bawaan akan lebih terasah. Sebab, kamu dituntut untuk memanfaatkan semua ruang dalam setiap sudutnya.

Harga daypack: Rp. 100.000 - Rp. 700.000

8. Trekking Pole

Memiliki manfaat sebagai penyeimbang tubuh, tempat pegangan dan meminimalisir resiko terjatuh. Trekking pole akan sangat membantumu saat melakukan pendakian di musim hujan dan melewati track berpasir. Tips saat memilih trekking pole adalah carilah trekking pole yang memiliki beban ringan.

Harga tracking pole: Rp. 120.000 - Rp. 300.000

9. Sepatu Gunung

Salah satu barang bawaan wajib saat melakukan sebuah pendakian, akan sangat bermanfaat untuk menunjang gerak lincah kakimu. Sebelum membelinya, sebaiknya kamu membaca 9 tips saat memilih sepatu gunung dan 8 rekomendasi sepatu gunung murah berkualitas terlebih dahulu.

Selain harga, sepatu gunung memiliki banyak sekali variasi, baik itu merk, kualitas, bahan, kekuatan, ukuran atau model. Oleh karenanya, diperlukan ketelitian saat hendak membeli sepatu gunung.

Harga sepatu gunung: Rp. 300.000 - Rp. 1.500.000

10. Pisau Lipat

Pisau lipat merupakan salah satu peralatan survival saat tersesat di atas gunung, memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah sebagai alat memasak, membuat api, memotong semak berduri yang menghalangi jalur, alat untuk mencari makanan di tengah hutan dll. Pisau lipat terbaik adalah yang terbuat dari bahan baja.

Harga pisau lipat: Rp. 30.000 - Rp. 600.000

11. Jaket Gunung

Jaket gunung adalah barang bawaan wajib saat melakukan aktifitas kegiatan mendaki gunung, ia dapat menghadang sayatan angin malam di gunung dan mencegah hipotermia, salah satu penyakit ketinggian yang cukup mematikan. Bila kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang hipotermia, sebaiknya membaca tulisan ini.

Harga jaket gunung: Rp. 150.000 - Rp. 900.000

12. Jas Hujan atau Ponco

Salah satu barang yang sering dilupakan oleh para pendaki, padahal manfaatnya sangat banyak, selain dapat dipakai untuk melindungi tubuh saat hujan, jas ponco pun dapat kita andalkan untuk membuat tenda bivak (tenda darurat).

Harga jas ponco: Rp. 60.000 - Rp. 300.000

13. Sarung Tangan Gunung

Selama melakukan pendakian, sarung tangan gunung sangat bisa diandalkan untuk melindungi tangan kita, baik dari sengatan sinar matahari, gigitan serangga hutan yang dikenal agresif atau menjadi pelapis saat kita menjadikan pepohonan sebagai pegangan di tengah pendakian.

Harga sarung tangan gunung: Rp. 95.000 - Rp. 250.000

14. Pakaian Lapangan

Saya tidak menyarankan untuk memakai baju kaos saat melakukan pendakian. Sebab, bahan kaos mudah menyerap keringat dan susah kering. Sebaliknya, baju bahan jersey lebih disarankan karena tidak menyerap keringat dan mudah kering. Sementara untuk celana, banyak para senior yang menyarankan agar kita memakai celana pdl kodok.

Harga baju: Rp. 45.000 - Rp. 90.000
Harga celana: Rp. 80.000 - Rp. 500.000


Harga Peralatan Mendaki Gunung Untuk

1. Tenda

Banyak sekali jenis tenda, namun jenis tenda yang paling umum digunakan di kalangan para pendaki adalah jenis tenda dome. Sebab, bebannya yang tidak terlalu berat dan ukurannya yang tidak terlalu besar, memakan ruang di dalam carrier. Kamu dapat membaca panduan mendirikan tenda dome di tengah pendakian.

Harga tenda dome: Rp. 300.000 - 12.000.000

2. Kompor Lapangan atau Portable

Menurut teman saya, semakin kecil ukuran kompor lapangan, maka semakin baik. Sebab, ia tidak akan memakan ruang di dalam carrier. Meski demikian, kita pun harus mempertimbangkan keselamatan, carilah kompor lapangan yang benar-benar berkualitas, sehingga tidak membahayakan diri kita.

Harga kompor lapangan: Rp. 80.000 - Rp. 700.000

3. Perlengkapan Memasak (Cooking Set)

Rasanya belum lengkap, bila kita belum memiliki perlengkapan memasak yang akan membuat aktifitas masak-memasak di atas gunung lebih mudah dan simpel, tanpa ribet. Carilah perlengkapan memasak yang mudah saat dibersihkan, bahkan cukup dengan mengelapnya.

Harga cooking set: Rp. 140.00 - Rp. 1.200.000

4. Perlengkapan Makan

Terakhir adalah perlengkapan makan, terdiri dari garpu, sendok dan pisau makan. Bahan terbaik untuk perlengkapan makan adalah stainlis, karena sangat mudah saat dibersihkan dan tidak akan berkarat.

Harga perlengkapan makan: Rp. 43.000 - Rp. 100.000


Estimasi Biaya

Paling mahal: 21.225.000
Paling murah: 2.023.000

Tips: untuk sebagian peralatan mendaki gunung, kita dapat membeli yang paling murah. Namun, beberapa barang penting, seperti sepatu, carrier dan pakaian lapangan, kita harus mempertimbangkan kualitas dan ketahanan bahan.



Referensi saat membeli peralatan outdoor:


Demikian adalah ulasan tentang harga peralatan mendaki gunung yang terbaru. Bila kamu merasa bahwa tulisan ini sangat bermanfaat untuk pendaki lainnya, sebaiknya bantu saya dengan membagikan tulisan ini di media sosial kesayanganmu. Caranya dengan menekan tombol sosial media yang tersedia di bawah tulisan ini.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.