11 Misteri Gunung Sumbing, Tempat Para Peri Bersemayam

11 misteri gunung sumbing

Saat dengkul ketemu dagu

Demikian adalah satu kalimat yang sering dipakai para pendaki untuk menggambarkan kesadisan track pendakian gunung Sumbing, sebuah gunung dengan ketinggian 3.371 mdpl, menempati urutan ke-2 dalam jajaran gunung tertinggi di Jawa Tengah, setelah gunung Slamet yang menempati puncak ketinggian di Jawa Tengah dan menempati urutan ke-3 dalam jajaran gunung-gunung tertinggi di pulau Jawa.



Baca juga: 8 misteri gunung Slamet yang dapat membelah pulau Jawa

Di kalangan para pendaki gunung, gunung Sumbing terkenal dengan tracknya yang dapat menguji mental dan tekad, membuat dengkul gemetar dan nafas terengah-engah. Sebab itulah, banyak para senior yang melarang junior mereka untuk mendaki gunung Sumbing tanpa pengawasan mereka.

Di sisi lain, selain kesadisan tracknya, gunung Sumbing pun dikenal dengan kekentalan mistisnya, eksistensi makhluk gaib di sana sudah sering terdengar dari pengalaman mistis para pendaki yang menjamahinya, baik kisah yang beredar dari mulut ke mulut atau cerita yang ditulis oleh teman-teman pendaki lain di blog mereka.

Dengan bekal sedikit pengetahuan dan pengalaman, dalam tulisan sederhana ini, saya akan mencoba mengulas berbagai misteri yang tersimpan di gunung Sumbing. Ulasannya sudah saya siapkan di bawah sini.




11 Misteri Gunung Sumbing, Tempat Para Peri Bersemayam

1. Sejarah Gunung Sumbing

Sejarah berawal dari kisah sebuah keluarga yang memiliki dua putera kembar, mereka hidup di pedesaan, sang ayah dan ibu bekerja sebagai petani. kedua putera tersebut sering berkelahi, hingga pada suatu hari, sang ayah kehilangan kesabaran saat harus melihat kedua puteranya bertengkar terus-menerus. Dipengaruhi emosi, sang ayah pun memukul salah satu puteranya di bagian bibir, mengakibatkan bibirnya robek (dalam bahasa setempat disebut sumbing).

Menurut kisah legenda, maka nama 'Sumbing' yang tersemat pada gunung Sumbing, diambil dari kejadian di atas. Sedangkan nama 'Sindoro' diambil dari perilaku saudara kembarnya yang memiliki sikap bijaksana, selalu melindungi dan santun.

Baca juga: sejarah gunung Cikuray yang angker

2. Misteri Raksasa Hitam, Sang Penunggu Pintu Masuk Gunung Sumbing

Menurut sebuah mitos, pintu masuk yang berada di gunung Sumbing dijaga ketat oleh sosok raksasa hitam, ia akan mengawasi setiap manusia yang masuk ke dalam kawasan gunung Sumbing hingga beberapa kilo meter perjalanan. Bila orang tersebut memiliki niatan dan perilaku buruk, maka sosok raksasa hitam tersebut akan berusaha mencelakakannya atau membuatnya tersesat. Berhati-hatilah!.

3. Keberadaan Peri di Gunung Sumbing

Banyak pendaki dan warga sekitar yang mengaku pernah melihat makhluk bercahaya di kawasan gunung Sumbing. Banyak pendapat mengenai makhluk tersebut, sebagian menganggapnya adalah jin Islam yang menampakan diri, dan sebagian lagi meyakini bahwa makhluk tersebut merupakan peri-peri kecil yang bersemayam di gunung Sumbing.

4. Penampakan Pocong di Gunung Sumbing

Selain peri dan raksasa yang telah disebutkan, penampakan pocong pun menjadi salah satu bahan pembicaraan bagi para pendaki gunung Sumbing. Pasalnya, dalam beberapa kesempatan, makhluk berbalut kain kafan tersebut menampakan dirinya di hadapan para pendaki yang sedang bergelut mesra dengan track pendakian Sumbing.

5. Orang Tua Jawa yang Sedang Menghisap Kemenyan

Sekitar 30 menit perjalanan dari pintu masuk, selepas ladang kebun milik penduduk, terkadang ada penampakan orang tua berpakaian adat jawa yang sedang duduk berjajar di pinggiran track sambil menghisap rokok berbau kemenyan.

6. Misteri Penampakan Sekumpulan Orang Berbaju Serba Putih

Seakan sedang berdiskusi, memusyawarahkan sesuatu, mereka sering terlihat duduk melingkar. Jika dilihat dari pakaian yang dikenakan, mereka seperti para ulama, serba putih. Mereka tidak akan menganggu dan seketika akan menghilang bila ada manusia yang datang.

7. Penampakan Kuntilanak, Sundel Bolong dan Wanita Jawa

Hantu ber-gender perempuan pun sering memperlihatkan sosoknya, penampakan kuntilanak, wanita berpakaian adat Jawa dan sundel bolong sering terlihat di sepanjang track pendakian gunung Sumbing. Terkadang, mereka bersikap ramah, meminta tolong, bahkan cuek. Sangat seram bila dibayang!.

8. Penampakan Petapa yang Sedang Duduk Bersila

Misteri gunung Sumbing selanjutnya adalah soal penampakan para petapa, mereka duduk bersila, memejamkan mata dan meng-kumat-kamitkan mulut, seakan melafalkan sebuah mantra. Sebagian mereka memakai baju hitam dan sebagian lagi mengenakan pakaian putih.

9. Hantu yang Mengikuti Rombongan Pendakian

Dalam sebuah grup pendakian di Facebook, ada seorang teman pendaki yang menceritakan pengalaman mistis saat menjamahi kegagahan gunung Sumbing. Dalam tulisannya, dia mengisahkan bahwa ada penyusup dalam rombongannya. Pada mulanya, jumlah orang dalam kelompoknya hanya ada 6 orang, namun saat dia berada paling belakang, dia menyadari bahwa rombongannya menjadi 7 orang. Siapakah penyusup tersebut?, entahlah.

Baca juga: misteri pasar setan di gunung Lawu

10. Misteri Ritual Pesugihan Gunung Sumbing, Kekayaan Dibayar Oleh Nyawa Manusia

Inilah misteri yang paling sering dibicarakan oleh orang-orang. Mitosnya, kawasan semenanjung lereng gunung Sumbing dinaungi oleh kegelepan pesugihan yang harus mengorbankan nyawa manusia sebagai tumbal. Seseorang yang dibutakan oleh kekayaan, harus menyerahkan nyawa manusia (entah bagaimana caranya) yang akan dibayar dengan kekayaan. Konon, ruh orang yang ditumbalkan akan menjadi budak iblis untuk selamanya.

11. Sebagian Kecil Pendaki Gunung Sumbing Disesatkan Oleh Makhluk Penunggu

Dari banyak cerita atau kisah yang beredar, banyak pendaki yang mengaku pernah tersesat (atau disesatkan?) di gunung Sumbing, lama berjalan, ternyata mereka hanya berputar-putar di tempat yang sama. Menurut saya, hal ini sangat erat kaitannya dengan perilaku kita saat menjamahi alam rimba di gunung Sumbing, menjaga sikap santun dan perkataan baik adalah salah satu solusi agar kita tidak mengalami hal serupa.



Baca juga: 5 misteri gunung Dieng, tempat indah nan berbahaya

Demikian adalah 11 misteri gunung Sumbing yang bisa saya sampaikan kepadamu. Saat dalam pendakian, tetaplah saling menghormati dengan makhluk lainnya, menjaga sikap dan perkataan. Karena sejatinya, sebuah gunung bukanlah tempat tinggal manusia, siapa pun dapat menempatinya.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.