Pendakian Gunung Merbabu Via Kopeng Cuntel

jalur pendakian gunung merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung yang menempati urutan ke-5 dalam jajaran 10 gunung tertinggi di Jawa Tengah. Lokasinya berada di antara 3 kabupaten, yaitu kabupaten Boyolali, Magelang dan kabupaten Semarang. Ketinggian puncaknya mencapai 3.142 mdpl.


Pendakian Gunung Merbabu Via Kopeng Cuntel

Jalur Kopeng dikenal memiliki pemandangan yang lebih alami dibanding jalur di gunung Merbabu lainnya. Namun, jalur satu ini memiliki track yang lebih terjal, jalanannya curam. Jalur Kopeng memiliki dua cabang, yaitu Kopeng Cunthel dan Kopeng Thekelan.

Rute Perjalanan

Dari kota manapun (naik kereta api) >> Statsiun Poncol, Semarang (carter mobil, Rp. 330.000/naik ojeg) >> basecamp Kopeng Cunthel

Basecamp Kopeng Cuntel

Lokasi basecamp sendiri berada di Jl. Umbul km 03, desa Cuntel, kecamatan Kopeng, kabupaten Semarang. Di sini kamu akan dimintai untuk membereskan administrasi senilai Rp. 15.000 dan menyimpan kartu identitas di basecamp.


Basecamp - Pos Bayangan 1 (Dalan Tengah), 60 menit

10 menit pertama, track masih landai, pemandangan berupa ladang perkebunan milik warga. Selanjutnya, kita mulai memasuki hutan, jalanan mulai menanjak. Sekitar 1 jam, kamu sudah sampai di pos bayangan 1, sebuah tempat yang bernama Dalan Tengah, berada pada ketinggian 1.858 mdpl.


Pos Bayangan 1 - Pos Bayangan 2 (Gumuk), 30 menit

Selepas Dalan Tengah, perjalanan berlanjut dengan track yang lebih menanjak, vegetasi semakin rapat, memasuki hutan rimbun, medan berupa tanah padat. Sekitar 30 menit, kamu sudah sampai di pos bayangan 2, bernama Gumuk, berada pada ketinggian 2.063 mdpl.

Berada di pos Gumuk, kamu dapat menemukan sumber air, isilah persediaan airmu sampai penuh karena ini merupakan sumber air terakhir.


Pos Bayangan 2 - Pos 1 (Watu Patut), 60 menit

Menuju pos 1, jalanan tidak banyak berubah, masih menanjak dan sedikit terjal, begitupun vegetasi, pemandangan masih berupa rimbunnya hutan, jajaran pepohonan yang menjulang tinggi ke atas langit, medan pun masih berupa tanah padat.


Pos 1 - Pos 2 (Kedokan), 60 menit

Setelah melewati pos 1, kemiringan track semakin meningkat, membuat beban carrier semakin terasa lebih berat. Pemandangan mulai terbuka, pepohonan itu digantikan dengan rerumputan yang tidak terlalu tinggi. Dalam perjalanan menuju pos 2, jarang sekali ditemukannya Bonus. Berjalan sekitar 1 jam, kamu sudah sampai di pos 2.


Pos 2 - Pos 3 (Kergo Pasar), 60 menit

Perjalanan menuju pos 3 tidak berbeda jauh dengan sebelumnya, kita masih menyusuri track terjal yang berupa tanah padat, vegetasi masih terbuka, rerumputan masih setia menemani perjalanan. Dalam perjalanan, kamu akan menemukan sebuah persimpangan jalan dengan jalur Wekas. Sekitar 1 jam, kamu sudah sampai di pos 3.

Pos 3 adalah sebuah tempat yang berada di ketinggian 2.458 mdpl, bernama Kergo Pasar, khusus untuk musim hujan, di sini kamu dapat menemukan sumber air. Karena areanya yang luas dan letaknya tidak jauh dari puncak, pos 3 merupakan tempat paling ideal untuk mendirikan tenda.


Pos 3 - Pos 4 (Pemancar atau Puncak Menara), 90 menit

Selepas pos 3, track semakin sadis, tingkat kemiringan meningkat tajam, butuh tenaga dan tekad ekstra untuk melewatinya. Namun, pemandangan kemegahan alam selalu saja dapat menghibur hati, dalam perjalanan menuju pos 4 ini, vegetasi sangat terbuka, memperlihatkan gunung lainnya yang berada di sekitar gunung Merbabu, seperti gunung Merapi, gunung Sindoro, gunung Sumbing dll.

Setelah berjalan sekitar 1,5 jam, kamu sudah sampai di pos 4, sebuah puncak yang memiliki menara pemancar, berada pada ketinggian 2.883 mdpl.


Puncak Menara - Puncak Kenteng Songo, 90 menit

Menuju puncak tertinggi gunung Merbabu, yakni puncak Kenteng Songo, track tidak terlalu terjal, kita dibawa oleh jalanan yang turun-naik, meliuk-liuk, meskipun di akhir, kita dipaksa menggeluti tanjakan yang sedikit ganas. Setelah berjalan sekitar 90 menit, maka kamu sudah sampai di puncak Kenteng Songo yang berada pada ketinggian 3.142 mdpl.

Baca juga: 6 misteri gunung Merbabu

[Informasi Tambahan]

Gunung Merbabu memiliki beberapa puncak, yakni;

  • Puncak Menara
  • Puncak Geger Sapi
  • Puncak Syarif
  • Puncak Ondo Rante
  • Puncak Kenteng Songo
  • Puncak Triangulasi

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Merbabu Via Cuntel

Basecamp - Pos Bayangan l : 60 menit
Pos Bayangan l - Pos Bayangan ll : 30 menit
Pos Bayangan ll - Pos l : 60 menit
Pos l - Pos ll : 60 menit
Pos ll - Pos lll : 60 menit
Pos lll - Puncak Pemancar : 90 menit
Puncak Menara - Puncak Kenteng Songo : 90 menit

Total : 6,5 jam

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Lainnya


Demikian adalah informasi tentang jalur pendakian gunung Slamet via Kopeng Cuntel yang bisa kami sampaikan, semoga dapat membantumu yang hendak mendaki gunung Merbabu dalam waktu dekat ini. Sampai jumpa di puncak!.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.