12 Misteri Gunung Galunggung, Termasuk Tempat Angker di Dalamnya

misteri gunung galunggung

Gunung Galunggung, salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat ini merupakan gunung berapi dengan sejarah letusan yang dahsyat. Puncaknya mencapai titik ketinggian 2.167 mdpl, untuk menggapainya, kamu bisa menapaki 620 anak tangga yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola, tidak perlu berjuang atau bergelut dengan track seperti pada gunung-gunung lainnya.



Bila melihat sejarah letusannya, maka akan muncul rasa ingin tahu, ingin mengenalnya lebih dekat, terlebih tentang misteri di balik keindahan alamnya yang membuat terkagum. Maka, karena rasa penasaran itulah mengapa sekarang kamu tersesat ke dalam tulisan ini. Benarkan?, langsung saja kita bahas beberapa misteri gunung Galunggung pada pemaparan di bawah ini.


12 Misteri Gunung Galunggung, Termasuk Tempat Angker di Dalamnya



1. Sejarah Letusan Dahsyat Gunung Galunggung

Kita yang lahir pada tahun 90-an pasti pernah didongengkan tentang hebatnya letusan gunung Galunggung. Menurut nenek saya, sangat mengerikan, hujan abu vulkaniknya sampai di kota Bandung, menutupi genteng-genteng rumah. Terbayang tentang seperti apa pengalaman mereka yang tinggal di lereng gunung Galunggung kala itu.

Kemudian, bagaimana letusannya, berapa kali dan kapan?...

Menurut catatan sejarah, gunung Galunggunung pernah meletus sebanyak 4 kali, yakni pada tahun 1822, 1894, 1918 dan terakhir, pada tahun 1982-1983.

Tahun 1822, mengakibatkan hujan pasir berwarna merah yang sangat panas, mengeluarkan awan panas, menyemburkan abu halus dan mengalirkan lahar. Lahar tersebut mengalir mengikuti aliran sungai ke arah tenggara. Setidaknya, ada 4.011 orang yang meninggal dan 114 desa yang luluh lantah.

Tahun 1894, mengeluarkan awan panas dan mengalirkan lahar, alirannya sama dengan yang terjadi pada tahun 1822. Setidaknya ada 50 desa yang terkena dampaknya, hancur dan tidak sedikit rumah yang ambruk karena tertimpa hujan abu vulkanik.

Tahun 1918, Diawali dengan kemunculan petir yang tidak biasa dan gempa bumi, mengakibatkan hujan abu, endapannya setebal 2-5 mm. Letusan ini menghasilkan tumpukan lava di dalam kawah dengan ketinggian mencapai 85m, yang dinamai dengan Gunung Jadi.

Tahun 1982-1983, letusan dahsyat, terjadi selama 9 bulan, dari tanggal 5 Mei 1982 hingga 8 Januari 1983. Banyak warga lereng gunung yang mengungsi ke tanah Jawa, mengakibatkan kerugian material hingga Rp 1 miliar dan 22 desa ditinggal tanpa penghuni.

2. Beberapa Tanda Sebelum Terjadinya Letusan Gunung Galunggung

Sebelum terjadinya musibah besar di gunung Galunggung, rupanya alam telah memberikan tanda-tanda kepada penduduk lereng gunung. Tanda-tanda tersebut di antaranya adalah suara gemuruh dan kemunculan petir yang tidak lazim, suara gemuruh tersebut bagaikan tangisan dan teriakan kesedihan. Kemudian, banyak satwa yang turun, tiba-tiba, dari gunung, mendatangi padatnya pedesaan, seperti memberitahu bahwa bahaya besar akan terjadi.

3. Walaupun Banyak Tanda-Tanda, Kedahsyatannya Mampu Merenggut Ribuan Jiwa

Meskipun alarm bahaya sudah alam nyalakan, namun dahsyatnya letusan gunung Galunggung masih mampu menjatuhkan ribuan korban jiwa. Seperti yang sudah kamu baca pada poin pertama, bahwa ada ribuan manusia yang meninggal akibat meletusnya gunung yang berada di kota Tasik tersebut.

Baca juga;


4. Misteri Letusan Gunung Galunggung dan Migrasinya Penduduk Sekitar ke Tanah Jawa Tengah

Pada letusan tahun 1982-1983, terjadi migrasi masyarakat Sunda ke tanah Jawa Tengah secara besar-besaran. Mereka yang masih trauma dengan letusan sebelumnya memutuskan untuk meninggalkan tanah kelahirannya dan memulai hidup baru. Meski begitu, ingatan tentang betapa mengerikannya letusan gunung Galunggung selalu saja menghantui ingatan mereka.

5. Misteri Matinya 4 Mesin Pesawat British Airways Saat Melintas Gunung Galunggung

Masih pada letusan di tahun 1982, kala itu pesawat British Airways sedang melakukan penerbangan dari Inggris menuju Australia, otomatis harus melewati Indonesia, tepatnya kawasan gunung Galunggung, sebagai jalur lintasannya. Namun, saat berada tepat di atas kawasan Galunggung, seketika 4 mesin pesawat British Airways mati total secara mengejutkan dan harus mendarat secara darurat di bandara terdekat.

6. Sihir Pelet yang Dimiliki Gunung Galunggung

Seakan memiliki mantra pemikat, gunung Galunggung dapat membuat takjub siapa pun yang melihatnya, membuat rindu siapa pun yang pernah mendatanginya dan membuat candu untuk terus mendakinya lagi dan lagi. Itulah gunung Galunggung, meskipun memiliki masa silam yang sangat menyakitkan, namun tetap saja mampu memikat manusia untuk terus mendatanginya. Dalam catatan, setidaknya ada 213.382 pengunjung per tahun.

7. Puncaknya Merupakan Pemukiman Bagi Penduduk Alam Gaib

Menurut kesaksian seorang pendaki yang memiliki penglihatan gaib, ia menuturkan bahwa dia melihat keramaian di puncak gunung Galunggung, bahkan lebih ramai dari sebuah pedesaan, menurutnya puncak tersebut adalah pemukiman pada makhluk gaib, tempat berkumpulnya bangsa Jin.

8. Terdapatnya Batu Besar Tempat Pertapaan Orang-Orang Sakti di Jaman Dahulu

Gunung merupakan salah satu tempat yang sering dipakai untuk bertapa, berdiam diri dengan kkusyuk, oleh para aktifis spiritual, orang sakti dan ulama penyebar agama di masa lampau. Begitupun dengan gunung Galunggung, pasalnya, di salah satu sudut gunung tersebut terdapat sebuah batu besar yang konon sering dipakai semedi oleh orang-orang sakti dan para ulama di jaman dahulu.

Saat ini, menurut penuturan warga sekitar, batu besar tersebut masih ada di tempatnya, menyimpan kekuatan besar, energi yang berlimpah, mampu membuat merinding orang-orang yang mendekatinya.

9. Kehadiran Bangunan Mushala di Dasar Kawah Gunung Galunggung

Tidak banyak orang yang tahu tentang adanya bangunan mushala di dasar kawah Galunggung. Mushala tersebut berada jauh dari keramaian wisatawan, di tengah-tengah udara yang sejuk di atas ketinggian. Di sampinya terdapat sumber air, dimana airnya sangat jernih dan menyegarkan. Terkadang, moshala tersebut dikelilingi oleh kabut. Indah dan memberikan rasa tenang saat berada di dalamnya.

10. Misteri Pemandangan Gunung Galunggung yang 3 Dimensi

Apabila kita melihat dengan mata telanjang, maka kita akan melihat gunung Galunggung yang sangat indah, mempesona, menakjubkan dan membuat kagum. Berbeda saat kita memotretnya dengan kamera, kamera secanggih apapun itu dan siapa pun yang memotret, maka keindahan Galunggung akan seketika lenyap, seakan dia tidak ingin dirinya difoto. Banyak fotografer yang membuktikan mitos ini dan mereka mendapatkan jawaban yang sama. Pesona keindahan Galunggung tidak bisa diabadikan lewat kamera.

11. Misteri Sumber Mata Air 7 Rasa di Gunung Galunggung

Konon, di gunung Galunggung terdapat 7 sumber mata air yang mengeluarkan air dengan masing-masing rasa yang berbeda. Bukan air biasa, namun air yang dikeluarkan memiliki berbagai khasiat, terutama untuk kesehatan dan pembersihan jiwa. Seseorang di forum Kaskus mengaku pernah membasuh wajahnya dengan air tersebut. Setelahnya, matanya terasa sangat bersih dan segar.

12. Larangan Memancing di Kawah Galunggung

Danau kawah yang berada di puncak gunung Galunggung memang menjadi tempat hidup untuk banyak ikan. Namun, menurut kepercayaan sekitar, manusia dilarang mengambil ikan tersebut dengan cara apapun, termasuk memancing. Sebab, ikan-ikan tersebut dipercaya sebagai peliharaan Jin di gunung Galunggung.

Pada suatu hari, ada seorang pemuda yang nekad memancing di danau kawah tersebut, setelah pulang ia langsung sakit dan kerasukan Jin gunung Galunggung yang marah kepada dirinya.



Baca juga;


Demikian adalah 12 misteri gunung Galunggung yang menyingkap setiap rahasia dan sejarah di dalamnya. Setelah mengetahuinya, semoga kita lebih menghargai eksistensi makhluk lain, menjaga kelestarian alam dan bersikap santun saat berada di kawasan gunung Galunggung. Amin!.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.