5 Misteri Gunung Raung yang Berada di Banyuwangi

misteri gunung raung

Gunung Raung, berdiri megah di atas kawasan 3 kabupaten sekaligus, yaitu Kab. Bondowoso, Banyuwangi dan Kab. Jember, masuk ke dalam rangkaian pegunungan Ijen. Memiliki 4 puncak, yaitu puncak Bendera, Tujuh Belas, Tusuk Gigi dan puncak tertingginya, yaitu puncak Sejati, dengan ketinggiannya yang mencapai 3.344 mdpl.

Dengan ketinggiannya itu, gunung Raung menempati urutan nomor 2 dalam jajaran gunung-gunung tertinggi di Jawa Timur, setelah gunung Semeru, dan menempati nomor 4 dalam jajaran gunung-gunung tertinggi di pulau Jawa. Kaldera yang terletak di atas puncaknya menjadi kaldera kering terbesar di pulau Jawa.

Dengan kemegahan alamnya yang sangat mengagumkan, banyak di antara penggiat alam bebas, terutama para pendaki gunung, yang tertantang untuk menjamahinya. Selain itu, banyak juga yang tertarik dengan misteri dan sejarah yang tersimpan di dalamnya, mungkin termasuk kamu. Oleh karenanya, dalam artikel ini, kamu akan mengetahui tentang;


5 Misteri Gunung Raung yang Berada di Banyuwangi

1. Filosofi Raung



Saat berada di atas ketinggian puncak gunung Raung, maka kamu akan ditampar oleh angin yang sangat kencang, seperti singa yang sedang meraung-raung. Bila pijakanmu kurang kuat, angin kencang tersebut bisa saja membuat tubuhmu tertiup dan jatuh ke dalam kawah. Karena angin itulah kenapa gunung satu ini dinamai dengan 'Raung'.

2. Kisah Legenda Kerajaan Macan Putih di Gunung Raung

Banyak di antara penduduk lereng gunung yang meyakini bahwa dahulu gunung Raung merupakan kawasan kerajaan Macan Putih. Beberapa sumber mengatakan bahwa keraton kerajaan tersebut berada tepat di atas kaldera besar gunung Raung.

Kerajaan Macan Putih berdiri sejak tahun 1638, dipimpin oleh seorang raja yang bijaksana dan berwibawa, bernama Pangeran Tawangulun, masih seorang keturunan dari raja-raja Majapahit di masa lampau.

Sampai sekarang, kerajaan itu masih berdiri megah, namun tidak semua orang dapat melihatnya, hanya orang-orang tertentu yang memiliki kemampuan tertentu.

Baca juga: 5 misteri gunung Puntang, mengulas kejadian aneh di dalamnya

3. Legenda Arca Nyei yang Terletak di Kaki Gunung Raung

Bila dilihat secara sepintas, Desa Pekauman hampir tidak ada bedanya dengan desa-desa lainnya yang berada di Kab. Bondowoso. Namun, cobalah lihat sebuah batu yang berbentuk wanita yang sedang hamil. Yup, batu itu adalah arca Nyei, berdiri di tengah-tengah ladang tebu atau tembakau (tergantung musim).

Menurut Amsari, Juru Pelihara situs Purbakala di Pekauman, batu arca Nyei itu memiliki usia sekitar 4.500 tahun.

Kisahnya, bahwa dahulu Nyei ditinggal sang suami untuk pergi ke kota, menjual dedaunan. Kemudian Nyei lari mengikuti, tersambar petir dan berubah menjadi batu. Jadilah arca Nyei yang berdiri setinggi 2 meter, membelakangi gunung Raung.

Hari ini, patung tersebut menjadi tempat ritual bagi sebagian penduduk yang bekerja sebagai petani. Patung tersebut memang membelakangi gunung Raung agar para pelaksana ritual menghadap ke gunung Raung. Arca Nyei adalah simbol kesuburan dan gunung Raung sebagai pemberi kesuburan ladang lewat abu vulkaniknya.

4. Tempat-Tempat Angker Dengan Sejarah yang Kelam

Gunung Raung pun dikenal menyimpan banyak tempat angker di kawasannya. Misalnya saja pos-pos pendakiannya. Mulai dari pos Pondok Sumur, Pondok Demit, Pondok Mayit dan pos Pondok Angin. Mari kita uraikan satu per satu.




Pos Pondok Sumur

Menurut kisah masyarakat, dahulu di pos ini terdapat sumur yang sangat dalam yang sering dijadikan tempat pertapaan oleh orang-orang sakti. Selain itu, banyak juga pendaki yang kerap mengaku mendengar derap langkah kaki kuda saat berkemah di sini.


Pos Pondok Demit

Pos ini merupakan pasar setan gunung Raung. Kepercayaan mengatakan bahwa tempat ini merupakan tempat jual-beli makhluk halus. Sebagian pendaki mengaku pernah mendengar keramaian, bak berada di tengah pasar, saat melintasi pos Pondok Demit.


Pos Pondok Mayit

Tempat dengan sejarah kelam, pasalnya dahulu pernah ditemukannya mayat yang tergantung di salah satu pohon di sana. Diduga mayat tersebut adalah seorang bangsawan Belanda yang digantung oleh para pejuang kala itu.


Pondok Angin

Menyajikan pemandangan yang mengagumkan, tempat ini adalah rumah bagi angin kencang. Saat berada di sini, tubuhmu akan didorong oleh anging kencang yang meraung-raung. Berhati-hatilah!.

5. Suara Mistis Sering Terdengar di Malam Jum'at

Misteri terakhir adalah suara aneh yang terdengar di gunung Raung pada setiap malam jum'at. Suara tersebut semacam tapak kaki kuda, dipercaya sebagai kuda sang ratu yang rutin mengunjungi kerajaan pada malam jum'at. Hal ini berkaitan dengan misteri-misteri di atas yang telah disebutkan.

baca juga: 5 misteri gunung Fuji di Jepang

Demikian adalah 5 misteri gunung Raung yang berada di Banyuwangi. Apakah kamu masih berani mendaki di sana?, mendakilah gunung Raung dengan niat, perilaku dan ucapan yang baik. Niscaya kamu akan baik-baik saja.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.