Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

jalur pendakian gunung merbabu via wekas

Seperti gunung lainnya yang memiliki ketinggian lebih dari 3.000 mdpl, gunung Merbabu (3.142 mdpl) sangat populer di kalangan para pendaki dan penggiat alam bebas, terlebih tracknya yang tidak terlalu terjal dan pemandangan alamnya yang sangat mengagumkan, menjadikannya sebagai pilihan ideal untuk menghabiskan masa liburmu. Secara administrasi, gunung Merbabu terletak di kabupaten Magelang, Semarang, Boyolali dan kota Salatiga, Jawa Tengah.


Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

Jalur Wekas merupakan jalur paling pendek di antara jalur gunung Merbabu lainnya, terdapat banyak sumber air, medan didominasi oleh track yang menanjak, dan menawarkan pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

Rute Menuju Basecamp Pendakian Wekas

Dari Solo >> (naik bus jurusan Semarang) Pasar Sapi, Salatiga >> (naik elf jurusan Megelang) Pasar Kaponan >> (carter mobil/naik ojeg) basecamp Wekas

Dari Jogja >> (naik bus jurusan Semarang) Magelang >> (naik elf jurusan Salatiga) Pasar Kaponan >> (carter mobil bak/naik ojeg) bascamp Wekas

Basecamp Wekas

Basecamp pendakian jalur Wekas sendiri berada di Kp. Kedakan, desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Magelang, Jawa Timur. Setibanya di sini kamu harus menyelesaikan admistrasi senilai Rp. 10.000/ orang. Fasilitas berupa kamar mandi, tempat istirahat dan warung.


Basecamp - Pos 2 (pos 1 sudah tidak dipakai), 210 menit

Memulai pendakian, jalanan masih landai, melewati perumahan dan perkebunan milik penduduk. Hingga akhirnya, sebelum memasuki hutan, kamu akan sampai di sebuah makam yang dipercaya sebagai makam orang yang pertama kali menemukan kampung tersebut. Selanjutnya jalanan berupa tanah padat dan mulai memasuki vegetasi rapat. Sedangkan track perlahan menanjak.

Setelah berjalan sekitar 3,5 jam, kamu sudah sampai di pos 2, sebuah tempat yang cukup luas, dikelilingi pemandangan indah berupa perbukitan, dedaunan hijau dan pepohonan yang menjadikan udara semakin segar. Pos 2 merupakan tempat ideal untuk mendirikan tenda.


Pos 2 - Pos 3 (Watu Kumpul), 90 menit

Selepas pos 2, jalur yang akan kamu lalui berupa bebatuan bercampur tanah, kemiringan pun semakin meningkat dan berkelok-kelok, vegetasi terbuka, memperlihat pemandangan gunung Sumbing dan gunung Sindoro yang mengagumkan. Sekitar 1,5 jam, maka kamu sudah sampai di pos 3.


Pos 3 - Puncak Heliped, 90 menit

Melewati pos 3, jalanan semakin curam, vegetasi masih terbuka, medan berupa bebatuan. Dalam perjalanan menuju puncak Heliped, kamu akan menemukan titik persimpangan  dengan jalur Kopeng Thukelan dan Kopeng Cuntel. Setelah berjalan sekitar 90 menit, kamu akan sampai di puncak Heliped.


Puncak Heliped - Puncak Kenteng Songo, 90 menit

Dari puncak Heliped, perjalanan berlanjut dengan track yang masih terjal, medan berupa bebatuan, vegetasi semakin terbuka, memperlihatkan hamparan alam yang luas. Di tengah perjalanan, kamu akan menemukan sebuah persimpangan, arah kiri menuju puncak Syarif (3.119 mdpl) dan arah kanan menuju puncak Kenteng Songo (3.142 mdpl), puncak tertinggi di gunung Merababu.

Berada di persimpangan, kamu langsung menuju puncak Kenteng Songo atau mampir terlebih dahulu ke puncak Syarif, pilihan ada ditanganmu sepenuhnya.

Baca juga: 6 misteri gunung Merbabu

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

Basecamp - Pos 2 : 210 menit
Pos 2 - Pos 3 : 60 menit
Pos 3 - Puncak Heliped : 75 menit
Puncak Heliped - Puncak Kenteng Songo : 60 menit

Total : 6- jam

Tips Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas


  • Persiapan fisik sebelum mendaki gunung
  • Jangan melubangi pipa-pipa air yang terdapat di jalur pendakian
  • Waspada dengan kehadiran monyet
  • Pos 2 merupakan tempat ideal untuk mendirikan tenda
  • Gunakanlah tali pengaman saat menyebrangi jembatan setan

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Lainnya


Demikian adalah informasi tentang jalur pendakian gunung Merbabu via Wekas yang bisa kami sampaikan, semoga dapat membantumu dalam mempersiapkan segala hal sebelum melakukan pendakian di gunung Merbabu.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.