5 Misteri Gunung Kerinci yang Angker

misteri gunung kerinci

Gunung Kerinci, dengan ketinggian puncaknya yang mencapai 3.805 mdpl, menempatkannya pada urutan pertama dalam jajaran gunung-gunung tertinggi di pulau Sumatra atau gunung tertinggi di Indonesia yang berada di luar Papua dan gunung berapi paling tinggi di Indonesia. Meskipun fakta mengatakan bahwa pendakian gunung Kerinci tidak mudah dilakukan, mengingat statusnya yang masih berapi aktif dan keterjalan track-nya yang bukan main. Namun bagi sebagian pendaki, gunung Kerinci malah menjadi sasaran empuk untuk menguji keyakinan, mental, tekad dan seberapa mampu mengalahkan diri sendiri.



Dalam rangka untuk mengenalnya lebih dekat, pada tulisan yang sedang kamu baca saat ini, kamu akan mendapatkan informasi tentang beberapa misteri gunung Kerinci yang sangat dikenal oleh penduduk tanah Sumatera. Ulasannya, sudah saya siapkan di bawah ini.


5 Misteri Gunung Kerinci yang Angker

1. Misteri Keberadaan Uhang Pandak di Gunung Kerinci



Uhang Pandak adalah sebutan penduduk Sumatera untuk Orang Pendek yang sering muncul dalam kisah paling menarik di antara masyarakat Sumatera. Dari awal kemunculannya, pada tahun 1900-an, hingga saat ini, makhluk kecil itu masih menjadi sebuah misteri yang belum pernah terpecahkan.

Meskipun banyak yang mengaku pernah bertemu dan melihatnya dengan jelas. Namun, tidak ada yang bisa membuktikan keberadaan makhluk ini secara nyata. Sebab, sampai saat ini, belum ada satu pun yang mampu mendokumentasikan penampakan atau jejaknya.

Dalam kisah yang melegenda, makhluk kecil nan unik ini tinggal dalam lebatnya hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Baca juga: misteri gunung Slamet, kehadiran manusia kerdil di jalur pendakian Guci

2. Ciri-Ciri Fisik Uhang Pandak, Sang Penunggu Gunung Kerinci

Bagaikan umpan di hadapan ikan, legenda keberadaan Uhang Pandak di hutan gunung Kerinci berhasil memancing perhatian para peneliti dunia. Misalnya saja pada tahun 1994, peneliti bernama Debbie Martyr, asal Inggris dari badan peneliti National Geographic Society, memulai ekspedisi pencarian makhluk kecil bernama Uhang Pandak.

Pada masa awal ekspedisinya, ia mengumpulkan informasi dari orang-orang yang mengaku pernah melihat Uhang Pandak. Seusai pengumpulan informasi tersebut, maka ia berhasil memaparkan ciri-ciri fisik makhluk pendek Uhang Pandak, sebagai berikut di bawah ini.


  • Tinggi badan tidak lebih dari satu seperempat meter
  • Memiliki dua kaki, seperti manusia
  • Berjalan tegak
  • Berbulu di sekujur tubuh, warna abu-abu atau merah
  • Memiliki mata merah menyala
  • Memiliki tangan yang panjang, lebih dari lutut

3. Uhang Pandak Dipercaya Sebagai Pembawa Keberuntungan

Bermacam kisah di kalangan masyarakat Kerinci tentang makhluk kecil satu ini, salah satunya adalah kepercayaan yang mengatakan bahwa Uhang Pandak adalah pembawa keberuntungan. Apabila kamu bertemu dengannya, maka keberkahan dan rezeki akan menghapirimu.

4. Hanya Bisa Ditemui Dengan Cara Tiba-Tiba

Menurut Zakaria, seorang tokoh masyarakat Kerinci, sekaligus pernah menghabiskan 20 tahun untuk pencarian Uhang Pandak dan mengaku pernah bertemu dengannya beberapa kali. Dia percaya bahwa Uhang Pandak tidak dapat terlihat dengan disengaja.


Namun jika sengaja dicari, Uhang Pandak tak akan terlihat, sebut Zakaria dengan logat Jambi.

5. Belajar Dari Sosok Yudha yang Namanya Diabadikan di Gunung Kerinci

Bagi kamu yang pernah mendaki gunung Kerinci pasti pernah melihat satu tugu yang terletak di kawasan sebelum puncak. Ya, tugu tersebut adalah penghormatan bagi sosok Yudha, pemuda pencinta alam yang meninggal di gunung Kerinci pada tanggal 23 Juni 1990.

Secara tidak tersurat, Yudha, lewat tugunya, mengajarkan kita tentang hidup, menghormati anugrah setiap nafas yang telah tuhan berikan, tentang kecilnya kita dihadapan alam ciptaan-Nya. Namun betapa beraninya kita menghadapi sebuah tanda tanya di setiap pendakian.



Baca juga: kisah meninggalnya Soe Hok Gie di puncak Mahameru

Demikian adalah 5 misteri gunung Kerinci yang angker dan bisa disampaikan. Semoga bermanfaat dan salam lestari!.

Sumber gambar: http://www.korintji.com
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.