9 Fakta dan Misteri Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah

9 fakta dan misteri gunung andong

Gunung Andong merupakan salah satu gunung cantik nan merona yang berada di provinsi Jawa Tengah. Tepat lokasinya ialah di desa Girirejo, Kec. Ngablak, Kab Magelang. Meski tidak terlalu tinggi, hanya 1.726 mdpl. Namun, dengan segala keindahan alamnya, gunung Andong mampu memikat banyak hati para pendaki gunung dan wisatawan alam. Hal ini bisa dibuktikan dengan tingginya volume pengunjung yang setiap tahun meningkat.



Setiap tahunnya, ribuan pendaki datang untuk menjamahi keindahan gunung Andong. Mengapa begitu?, mungkin beberapa fakta dan misteri gunung Andong yang akan segera kamu ketahui di bawah ini akan menjawab pertanyaan tersebut.


9 Fakta dan Misteri Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah

1. Asal-Usul Penamaan Gunung Andong



Dalam sejarah penamaan gunung Andong ada dua versi yang berbeda satu sama lain. Satu versi, menginformasikan bahwa nama 'Andong' diambil dari nama daun Andongo yang merupakan salah satu syarat dalam ritual masyarakat Jawa. Andongo sendiri memiliki makna 'permohonan', berdo'a kepada sang pencipta alam.

Sedangkan versi lainnya menilai bahwa nama 'Andong' diambil dari bentuk puncak gunung yang menyerupai punggung sapi. Dimana sapi juga sering disebut dengan panggilan Andong. Sehingga gunung ini sering disebut dengan nama Andong.

2. Sangat Tepat Untuk Pendaki Pemula

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa ketinggian gunung Andong tidak tinggi-tinggi amat, puncaknya setinggi 1.726 mdpl. Terbilang pendek bila dibandingkan dengan gunung-gunung di provinsi Jawa Tengah lainnya. Bahkan, kamu hanya memerlukan waktu, kurang lebih, 2 jam untuk mencapai puncaknya.

Baca juga: daftar 16 gunung tertinggi di Jawa Tengah

Sedangkan tingkat kemiringan di track gunung Andong pun tidak terlalu tinggi, rata-rata 45 derajat. Sehingga, sepanjang perjalanan, kamu bisa santai sambil menikmati keindahan hamparan alam di gunung Andong. Dengan fakta tersebut, maka gunung Andong merupakan salah satu gunung Ideal untuk para pendaki pemula.

3. Pemandangan Puncaknya yang Kece Abis

Setelah sampai di puncak, maka suguhan pemandangan indah nan unik akan membuai dirimu, menakjubkan!. Matamu akan dihibur oleh hamparan alam yang hijau nan luas, beberapa gunung, termasuk Merbabu dan kabut tipis yang perlahan turun akan membelai wajahmu dengan mesra. Terlebih bila kamu berkesempatan untuk menyaksikan sunrise dan sunset di puncak gunung Andong. Sangat indah bro!.

Siap-siap aja kecanduan untuk mendaki gunung Andong lagi dan lagi.

4. Keberadaan Makam Keramat di Gunung Andong

Dahulu, menurut warga sekitar, gunung Andong merupakan kawasan yang angker, keramat, kental dengan mistis dan tidak ada seorang pun yang berani mendakinya. Andong bukanlah gunung atau bukit biasa. Hal itu ditandai dengan keberadaan makam keramat yang terletak di atas puncaknya.

Makam tersebut merupakan tempat peristirahatan Kyai Abdul Faqih atau yang lebih dikenal dengan Ki Joko Pekik, seorang tokoh di kalangan masyarakat yang sangat berwibawa dan sangat dihormati. Hingga sekarang, masyarakat sekitar masih rutin mengadakan ritual Perti Dusun di kawasan makam tersebut.

5. Penemuan Mayat Wanita Dengan Keadaan Kepala Terpisah

Pada bulan oktober 2015, para pendaki gunung Andong dibuat kaget oleh penemuan mayat perempuan dengan kondisi yang sangat mengenaskan, kepala dan badannya terpisah. Menurut penuturan warga sekitar, penemuan mayat secara misterius memang sering terjadi di gunung Andong, mungkin selama ini, gunung Andong dijadikan tempat pembuangan jasad korban pembunuhan atau kejahatan lainnya.

6. Gunung Andong Memiliki 4 Puncak yang Berjajar

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa puncak gunung Andong membentuk punggung sapi yang terbentuk oleh 4 puncak yang berjajar rapih, dari barat ke timur. Nama-nama puncak tersebut, dari barat, adalah puncak Makam, Jiwa, Andong dan puncak Alap-Alap. Sedangkapn puncak tertingginya adalah puncak Andong.

7. Bukan Hanya Puncak, Hutan Pinus pun Bisa Menjadi Spot Foto yang Kece

Jangan nunggu sampai di puncak untuk mengeluarkan kameramu, di tengah perjalanan, kamu akan menemui hutan pinus yang sangat asik untuk dijadikan latar belakang dalam sesi pemotretan. Kombinasi tanah yang ditumbuhi rerumputan hijau dan menjulangnya sebarisan pohon pinus dapat menjadikan alasan kenapa teman-temanmu menekan tombol like saat kamu upload foto di Instagram.

8. Dalam Pendakian, Kamu Tidak Akan Menemukan Shelter

Berbeda dengan gunung-gunung lainnya, saat mendaki gunung Andong, selain di puncak, kamu tidak akan menemukan area tanah datar yang bisa dijadikan tempat nge-camp. Maklumlah, untuk mencapai puncaknya saja, kamu hanya butuh waktu 2 jam.

Namun, buat para pendaki pemula, hal ini jelas menjadi isyarat agar kamu mempersiapkan fisik, perlengkapan pendakian dan logistik sebaik mungkin, sebelum memutuskan mendaki gunung Andong sampai ke puncak.

9. Gunung Andong Adalah Gunung Berapi yang Tidak Pernah Meletus

Dikutip dari Wikipedia, bahwa gunung Andong merupakan gunung berapi bertipe perisai yang tidak pernah menunjukan aktifitasnya. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang unik, berbeda dengan gunung-gunung berapi yang berada di tanah pulau Jawa lainnya, yang rajin menunjukan aktifitasnya.



Baca juga: 9 misteri gunung Sindoro

Demikian merupakan ulasan tentang 9 fakta dan misteri gunung Andong yang bisa kamu ketahui, semoga dapat membantumu dalam persiapan sebelum melakukan pendakian di sana.
Share:

No comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script>      (adsbygoo...

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.